Sukses

Nyeri Ulu Hati

22 Apr 2017, 17:55 WIB
Pria, 23 tahun.

sore dokter, hari ini sudah hari ketiga saya sakit perut, sakitnya seperti d tusuk dan d remas, dari ulu hati hingga perut tengah, sakitnya muncul tiba2 selama 1-2 menit, ketika muncul sakitnya luar biasa, kemudian hilang nanti datang lagi sekitar 15 menit kemudian, begitu selam 3 hari dok, kira2 kenapa ya dokk? terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri ulu hati melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya beberapa hal yang perlu kami tanyakan adakah rasa mual dan muntah? Apakah nyeri muncul berhubungan dengan waktu makan, misalnya bila Anda terlambat makan kemudian nyeri muncul dan bila makan nyeri berkurang?

Ada beberapa kemungkinan penyebab nyeri ulu hati, di antaranya adalah sindroma dispepsia dan GERD. Selain nyeri ulu hati, pada kondisi tersebut biasanya disertai kembung, mual, rasa begah, dan cepat kenyang. Biasanya nyeri ulu hati berhubungan dengan waktu makan, timbul ketika terlambat makan dan membaik bila makan. Bila nyeri terus berlanjut bahkan setelah makan maka kemungkinan sudah ada tukak/luka di saluran cerna. 

Namun, ada pula nyeri ulu hati yang perlu diwaspadai terutama bila nyeri ulu hati tersebut kemudian berpindah ke area kanan bawah. Bila terdapat nyeri yang berpindah demikian, disertai demam, mual hingga muntah, maka Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter karena ada kemungkinan nyeri tersebut berasal dari peradangan usus buntu. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri ulu hati. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar