Sukses

Penyebab Bisul di Kepala Anak

23 Apr 2017, 02:26 WIB
Wanita, 36 tahun.

Anak saya umur 5 bln ada benjolan merah spti bisul dikepalanya jg merah2 disekitar area leher.,apa ada salep khusus jg cara mengatasi/mengobatinya..terimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai bisul di kepala anak.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Pada umumnya bisul dimulai sebagai memerah, daerah tender. Seiring waktu, daerah itu menjadi tegas, keras, dan lembut. Akhirnya, pusat mendidih lembut dan menjadi penuh dengan melawan infeksi sel darah putih dari aliran darah untuk membasmi infeksi. Ini kumpulan sel darah putih, bakteri, dan protein dikenal sebagai nanah. Akhirnya, nanah dapat operasi dibuka atau secara spontan mengalir keluar melalui permukaan kulit.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik yang diberikan atas pengawasan dokter, antibiotik tersebut bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut.

Untuk mendiagnosa suatu penyakit, terutama penyakit kulit dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut seperti:

Bagaimana awal mula terjadinya?

Apakah ada nanah atau darah yang keluar dari bisul tersebut?

Apakah anak Anda pernah mengalami hal tersebut sebelumnya?

Dengan dilakukan pemeriksaan fisik maka dokter akan melihat langsung kondisi yang anak Anda alami dan mungkin saja dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan hingga terbentuk suatu diagnosis dan dapat diberikan pengobatan lebih lanjut. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan kondisi anak Anda lebih lanjut ke dokter umum ataupun dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar