Sukses

Demam yang Berkepanjangan

22 Apr 2017, 23:32 WIB
Pria, 20 tahun.

Saya mau nanya Panas udah satu minggu tidak turun tapi malah naik penyakit apa yah.Setiap libur kerja saya sama tunangan saya sukanya main jadi tidak ada istirahat.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter dan bertanya mengenai Demam yang Berkepanjangan.

Demam atau suhu badan yang meningkat melebihi normal (suhu normal 36,5 ? 37,2 C) merupakan reaksi tubuh untuk melawan infeksi mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu demam tidak selalu merupakan suatu tanda bahaya. Namun demam yang tinggi harus segera diatasi dengan obat-obatan penurun panas karena suhu tubuh yang terlalu tinggi akan menimbulkan kerusakan terhadap sel sel di dalam tubuh, dan hal tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Keluhan demam memang biasanya muncul disertai dengan beberapa keluhan lain. Keluhan-keluhan lain yang menyertai demam tersebut akan membantu dokter untuk mengarahkan kepada kemungkinan penyebab penyakit. Selanjutnya dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan penyebabnya.

Beberapa penyebab terjadinya demam, antara lain:

1. Infeksi virus

Pada infeksi virus, biasanya demam akan disertai beberapa keluhan lain seperti batuk, pilek, tenggorokan sakit, otot dan badan terasa pegal-pegal, diare, mual, muntah, dll. Infeksi akibat virus dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pemberian antibiotik, tergantung dari daya tahan tubuh penderita. Jika daya tahan tubuh baik, maka keluhan hanya dirasakan selama beberapa hari, namun jika daya tahan tubuh kurang baik maka keluhan dapat berlangsung selama satu atau dua minggu. Obat-obatan diberikan hanya untuk mengatasi keluhan yang ada.

2. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri dapat menyerang semua organ di dalam tubuh. Keluhan-keluhan yang timbul menyertai demam tergantung dari organ yang diserang oleh bakteri tersebut. Penyakit tipes, merupakan infeksi yang disebabkan oleh kuman S.typhii pada usus. Karena itu, disamping menimbulkan demam akan terdapat beberapa keluhan saluran cerna lainnya seperti diare, mual, muntah, konstipasi, dll. Infeksi bakteri ini baru dapat diatasi dengan pemberian antibiotik. Tanpa pemberian antibiotik, penyakit sulit untuk disembuhkan dan akan berlangsung lama bahkan dapat menimbulkan komplikasi yang tidak diinginkan.

3. Infeksi parasit, misal : malaria

4. Penggunaan obat-obatan, seperti procainamide, isoniazid, quinidin, diphenilhidantoin,dll.

5. Penyakit-penyakit lain, seperti : penyakit gangguan sistem imun, penyakit kolagen dan penyakit autoimun (Seperti penyakit lupus, rheumatoid artritis, dll).

Untuk mengetahui penyebab timbulnya demam pada diri anda, perlu dilakukan beberapa pemeriksaan secara langsung dan mungkin diperlukan juga beberapa pemeriksaan penunjang lain seperti pemeriksaan darah lengkap, tes widal, dan lain sebagainya.

Karena anda telah ke dokter sebelumnya, Kami sarankan agar anda melanjutkan pengobatan yang diberikan oleh dokter tersebut hingga habis. Pemberian obat untuk lambung yang diberikan oleh dokter sebelumnya mungkin ditujukan untuk mengatasi sakit perut yang anda alami. Obat tersebut bermanfaat untuk mengatasi keluhan nyeri perut akibat terjadinya peningkatan asam lambung. Peningkatan asam lambung akan menimbulkan keluhan berupa perut yang terasa perih pada daerah sekitar ulu hati, biasanya muncul setelah makan, disertai dengan perut kembung, mual dan tidak nafsu makan.

Kembalilah kepada dokter yang memeriksa anda sebelumnya jika keluhan anda tidak kunjung sembuh setelah obat habis, agar pengobatan tidak dimulai dari awal lagi oleh dokter yang lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai demam yang berkepanjangan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar