Sukses

Keluhan Anak Nyeri Saat Buang Air Kecil

23 Apr 2017, 00:14 WIB
Pria, 8 tahun.

Pagi dokter saya mau tanya masalah anak saya. Namanya Alexi usia 8 tahun Jenis Kelamin laki''. Kalau pipis perih, sakit dan gak Lancar. Serta harus ngeden seperti orang buang air besar. Anak saya juga Sudah di sunat. Kata anak saya sakitnya di ujung kemaluan. Lalu Kemaren saya bawa dia tes urine. Hasilnya warnanya kuning, kejernihan keruh, BJ 1.025, ph 6,0 , darah +2, protein +2, leukosit +2. Boleh dijelaskan anak saya kenapa ya dok? Lalu pengobatan nya harus seperti apa. Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan fitur Tanya Dokter mengenai nyeri BAK

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan anak Anda adalah nyeri saat buang air kecil.

Gejala yang Anak Anda alami kemungkinan adalah gejala dari infeksi saluran kemih (ISK). Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang terjadi pada saluran kencing. ISK lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, dikarenakan anatomi uretra pada wanita yang lebih pendek sehingga memudahkan bakteri masuk ke saluran kemih.

Gejala dari ISK sama seperti yang Anak Anda alami, yaitu nyeri berkemih dan sering buang air kecil. Selain itu, gejala lainnya adalah anyang-anyangan atau tidak lampias, rasa panas ketika berkemih, air seni keruh, dan nyeri perut bawah. Demam hanya terjadi bila infeksi mencapai saluran kemih bagian atas. Terapi pertama kali untuk ISK adalah banyak minum air putih (2-3 L/hari) guna membilas bakteri yang terdapat di saluran kemih. Lakukan pemeriksaan urin atau urinalisis untuk memastikan adanya infeksi, dan bawalah hasil tersebut ke Dokter Spesialis Anak untuk dianalisis.

Untuk mencegah berulangnya kembali ISK di kemudian hari, sebaiknya Anak Anda selalu minum banyak setiap harinya, jangan menahan berkemih, dan membasuh alat kemaluan ketika selesai berkemih.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar