Sukses

Pendarahan Setelah Suntik KB

22 Apr 2017, 23:59 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok..saya ibu dari 2anak selama di kb suntik yang 3 bln tak ada keluhan,tapi selama 3 bulan ini saya mengalami pendarahan ,saya sudah ke dokter kandungan di USG katanya tidak ada apa -apa,di kasih obat penghambat dan inveksi.selama 1minggu 3 hari berhenti ,terus sampe sekarang keluar pendarahan lagi,saya harus bagai mana dok?..

Terimakasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter dan bertanya mengenai Pendarahan Setelah Suntik KB.

Sesuai jenis hormon yang terkandung di dalamnya, KB suntik dapat dibedakan menjadi KB suntik kombinasi (hormon estrogen-progesteron), dan KB suntik non-kombinasi (hormon progesteron saja).

Pada prinsipnya, metoda kontrasepsi hormonal mencegah kehamilan dengan menghentikan pelepasan sel telur dari kandung telur (ovulasi) dan menyegah masuknya sel sperma ke dalam rahim. Mekanisme ini terjadi dengan cara mengganggu keseimbangan hormonal sehingga dapat mempengaruhi siklus menstruasi Ibu. Efek samping yang dapat terjadi antara lain adalah bercak perdarahan, menstruasi lebih banyak dan lebih sering terutama pada beberapa bulan pertama atau bahkan sama sekali tidak mendapatkan menstruasi, perubahan mood, sakit kepala, penambahan berat badan, kelelahan, dsb.

Dengan demikian, keluhan menstruasi yang dialami oleh Ibu saat ini merupakan salah satu efek samping dari KB suntik yang digunakan, dan hal ini normal ditemukan terutama dalam beberapa bulan awal penggunaan. Adapun perdarahan dapat dihentikan menggunakan obat golongan antiradang nonsteroid (OAINS) yang dapat dikombinasikan dengan hormon estrogen selama 1-2 minggu atau hingga perdarahan berhenti. Apabila perdarahan masih ada, dapat diberikan pil kontrasepsi hormonal kombinasi dosis rendah untuk 2 hingga 3 bulan. Apakah Ibu mengetahui jenis obat yang diberikan oleh dokter Ibu? Dan apakah Ibu telah mengikuti setiap petunjuk pengobatan yang dianjurkan?

Kami sarankan sebaiknya Ibu kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Ibu yang mengetahui jelas sejarah pengobatan yang diberikan. Yang penting adalah komunikasi yang baik antara Ibu dan dokter Ibu agar dapat terjalin kerjasama yang baik untuk hasil yang lebih optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pendarahan setelah suntik KB. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar