Sukses

Amankah Konsumsi Susu Kedelai untuk Anak Laki-laki?

21 Apr 2017, 23:40 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dok, anak saya laki2 usia 2th8bln.. 8 bln trkhr baru ketauan kalo ada alergi susu sapi, tp baru sebulan belakangan saya bawa test alergi dan ternyata mmg ada alergi susu sapi Tp sudah 8 bln mengkonsumsi susu soya Dan kmrn saya membaca artikel di sebuah situs, disana disebutkan kalau anak laki tdk boleh mengkonsumsi susu soya karena bisa menurunkan kadar testosteron anak sehingga alat kelamin ( penis ) tdk dapat berkembang sebagaimana mestinya, dan dikhawatirkan setelah dewasa nanti tdk dapat membuahi Apakah benar artikel yg saya baca itu dok ? Thank you

Terimakasih telah bertanya seputar susu kedelai melalui fitur Tanya Dokter.

Susu kedelai memang mengandung fitoestrogen (hormon seperti estrogen yang ditemukan dalam tanaman seperti biji-bijian/serealia, kentang, kacang-kacang yang telah dikeringkan, dan apel). Namun demikian, hingga kini belum ada bukti ilmiah bahwa susu kedelai membahayakan anak ataupun orang dewasa, termasuk mengganggu perkembangan alat kelamin.

Pada anak lebih dari 1 tahun yang mengalami alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, susu kedelai 1-2 cangkir sehari dapat menjadi pilihan. Tetapi, sebagian anak dapat pula mengalami reaksi alergi terhadap protein di dalam kedelai.

Bila anak tidak alergi dengan susu kedelai, pastikan anak Anda mengonsumsi susu kedelai yang telah difortifikasi (ditambahkan) berbagai vitamin agar si kecil mendapatkan kecukupan zat gizi.

Selain itu, pastikan diet anak Anda mengandung sumber kalsium. Susu kedelai mengandung fitat, yaitu zat yang dapat mengurangi penyerapan kalsium dan mineral lainnya. Tubuh hanya menyerap sekitar 75% kalsium dalam susu kedelai. Karena itu tambahkan makanan sumber kalsium seperti brokoli, yoghurt, dan keju dalam diet anak Anda. Produk makanan khusus yang telah difortifikasi dengan kalsium juga dapat dikonsumsi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar susu kedelai. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar