Sukses

Tenggorokan Kering Saat Tidur

19 Apr 2017, 16:03 WIB
Pria, 23 tahun.

Siang dok. Saya mau tanya, terkadang ketika saya sedang tertidur tenggorokan tiba2 sangat gatal dan terasa menyempit sehingga saya langsung terbangun dan mencari air. Gejala yg saya rasakan yaitu tenggorokan sangat gatal dan agak sulit untuk bernafas, suara juga menjadi serak namun gejala tersebut perlahan hilang ketika saya minum air. Saya sesekali mengalami gejala ini, namun tidak sering. Apakah ini tanda suaru penyakit atau apa dok? Mohon bantuannya. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya mengenai tenggorokan kering melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Keluhan anda bisa saja disebabkan kering pada tenggorokan. Rasa kering di tenggorokan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Melihat keluhan Anda seringkali saat bangun tidur, mungkin hal tersebut dipengaruhi oleh faktor berikut:

Menurunnya aliran saliva Setiap harinya, saliva (air liur) diekskresi hingga 0.5 – 1.5 liter oleh tiga kelenjar liur besar yang berada di sekitar mulut dan tenggorokan. Sementara aliran saliva menurun saat sedang tidur, terutama saat tidur malam. Oleh karena itu kita sering merasa tenggorokan dan mulut kering dan berbau kurang sedap saat baru bangun tidur. Hal ini wajar, namun untuk mengantisipasi gangguan mulut lebih lanjut, jangan lewatkan waktu untuk menyikat gigi di malam hari.
Dehidrasi Kekurangan cairan tubuh juga mengambil peran. Dimana ketika tidur, justru cairan lebih banyak yang keluar dari keringat. Terlebih lagi jika Anda tidur di ruangan yang bersuhu lembab, tidak bersikulasi udara dengan baik dan panas.
Mengorok Mengorok atau mendengkur dapat disebabkan oleh berbagai hal, namun yang paling mendasar adalah adanya getaran dari jaringan dan otot saluran pernapasan akibat tersumbatnya jalan napas selama tidur. Getaran tersebut tidak menutup kemungkinan untuk sebagian orang menimbulkan gesekan antara ruang di tenggorokan, ditambah lagi kondisi menurunnya aliran saliva ketika tidur di malam hari yang membuat tenggorokan sedikit mendapatkan lubrikasi. Jika hal ini dibiarkan dapat menimbulkan iritasi dan lebih lanjut peradangan.
Penggunaan obat-obatan Beberapa kandungan obat memberikan dampak sensasi rasa mulut dan tenggorokan kering.
AC yang kurang kondusif Piranti pengkondisi udara yang banyak beredar dewasa ini kebanyakan hanya mengambil fungsi sebagai penyejuk udara dengan cara menghembuskan udara bersuhu rendah yang kering ke ruangan. Pada pernapasan ketika tidur saluran pernapasan yang dilewati udara dingin nan kering memperparah kondisi kekeringan karena penurunan air liur. Khusus untuk hal ini Anda dapat mesolusikannya dengan memilih piranti AC yang memiliki fitur mengendalikan kelembaban udara.
Adakah faktor di atas yang berkaitan dengan keluhan Anda? Apabila keluhan Anda semakin memberat dan terdapat gejala lainnya seperti demam, nyeri menelan, batuk dan lainnya; kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan fisik dan wawancara medis lebih lanjut agar dapat diketahui penyebab lainnya.Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai tenggorokan kering. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar