Sukses

Tidak Ingin Hamil Dulu

20 Apr 2017, 09:54 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok, saya ibu dengan 3 orang anak. anak ke du dan ketiga saya masih berusia 6 bulan (kembar cowok). sejak lahir dengan caesar, sehabis nifas saya sampai sekarang tidak menstruasi. setelah konsultasi ke bidan dan dokter keluarga, katanya itu normal krn saya masih menyusui dan ASI bisa ekslusif untuk baby twins. saya disarankan tidak KB dulu krn bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Tetapi tiga hari yang lalu puting saya naik dan saya mual. saya tes kehamilan di rumah, dan ternyata positif. saya kaget dan syok. krn belum pernah menstruasi. untuk memastikan saya ke Dokter Kandungan dan dipastikan saya positif dengan usia 6 minggu. Saya belum bisa menerima, krn si baby twins baru 6 bulan, masih butuh ASI dan kasih sayang full. saya juga bekerja dari pagi sampai sore sebagai PNS. Suami juga PNS. sejak menikah kami tinggal mandiri, sampai sekarang dengan 3 anak kami tidak memiliki pembantu. semua kami kerjakan sendiri dengan sekuat tenaga. Saya mengutarakan hal ini ke Dokter Kandungan dan beliau menyarankan bila saya tidak ingin hamil dulu, bisa pergi ke salah satu rumah sakit untuk dilakukan peluluhan. tapi di kota kami tidak ada. yang saya tanyakan gimana dok, apa bisa? sementara jarak kehamilan saya setelah operasi caesar sangat dekat, saya takut resikonya. secara fisik dan psikis saya juga belum siap dan merasa tidak kuat. sebelum tahu positif saya sempat minum kiranti sehari 4 botol dan minum Pil KB Rutin untuk segera haid dan mencegah kehamilan. saya takut dengan resikonya juga. Terima Kasih banyak dok, mohon sarannya

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

Menggugurkan kandungan atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah “abortus” adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia 20 minggu kehamilan atau berat bayi kurang dari 500 g (ketika janin belum dapat hidup di luar kandungan). Angka kejadian aborsi meningkat dengan bertambahnya usia dan terdapatnya riwayat aborsi sebelumnya. Proses abortus dapat berlangsung secara :

Spontan / alamiah (terjadi secara alami, tanpa tindakan apapun)
Buatan / sengaja (aborsi yang dilakukan secara sengaja),
Terapeutik / medis (aborsi yang dilakukan atas indikasi medik karena terdapatnya suatu permasalahan atau komplikasi).

Untuk menggugurkan kandungan harus ada alasan medis yang tepat, alasan tersebut meliputi: ada cacat janin yang tidak dapat disembuhkan dan mengancam nyawa janin, ibu memiliki penyakit dan kondisi kesehatannya terancam dengan kandungan yang dialaminya. Perlu juga diketahui bahwa terdapat risiko dari penguguran kandungan. Ada beberapa efek juga yang dapat muncul dari pengguguran kandungan yang salah seperti kelainan pada organ kelamin wanita, lalu dapat juga terjadi gangguan psikis pada sang Ibu.

Sayang sekali kami tidak dapat memberikan cara untuk menggugurkan tanpa adanya alasan medis yang tepat dan sebaiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter ahli Kebidanan dan Kandungan. Sebaiknya janin dipertahankan sebab setiap individu mendapat hak untuk hidup. Bayi merupakan anugrah dari Tuhan. Banyak sekali pasangan yang berusaha mendapatkan bayi namun sulit, bisa saja hal ini merupakan pemberian dari Tuhan yang harus Anda hargai. Kami mengerti kesulitan yang Anda alami saat ini, namun coba berunding lagi dengan pasangan Anda mengenai hal ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kehamilan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar