Sukses

Berat Badan Bayi Usia 3 Bulan

20 Apr 2017, 09:01 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok sy mau tnya anak sy usia 3bln 14 hari berat badan nya 5kg. Perempua. Dok sy lihat d buku perkembangan bayi sprtinya beratnya kurang. Selama ini dia minum ASI aja 3 jam sekali sebnyk 100ml sekali mnum tp ga lgsg habis dok. Berat lahirny 2200 gr. Sy suka hawatir krn teman seusiax ad yg sdh bs miring bahkan tengkurap.. Sdgkn ank sy bru bs angkt kepala aja. Apa sy perlu nsmbh sufor ya? Info dong dok. Mksih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang berat badan bayi 3 bulan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami dapat memahami kekhawatiran anda. Berdasarkah organisasi kesehatan dunia atau WHO, berat badan normal anak perempuan usia 3 bulan adalah 4.6 - 7.8 kg. Berat badan yang ideal adalah sekitar 5.8 kg. Jadi sebetulnya Anda tidak perlu khawatir, meski berat badan anak Anda belum ada di angka yang ideal, tapi masih dalam rentang yang normal. 

Perlu diperhatikan pemenuhan nutrisi yang dibutuhkannya, baik secara kualitas maupun kuantitas. Jadwal makan anak usia kurang dari 1 tahun adalah setiap 3 jam atau setiap anak membutuhkannya. Idealnya selama 6 bulan pertama anak anda sebaiknya hanya mendapat ASI, namun bila secara jumlah ASI anda tidak mencukupi dapat ditambah dengan pendamping ASI seperti susu formula.

Mengenai perkembangannya, saat usia 3 bulan anak seharusnya sudah mulai dilatih untuk mengangkat kepalanya dan memerhatikan benda bergerak. Kemudian latih anak anda membalikkan badan dari telentang ke telungkup sebagai berikut:

1. Melatih anak mengangkat kepala

Gerakkanlah benda yang menarik di hadapan anak, ketika ia telungkup. Angkatlah benda itu ke atas, sehingga anak dilatih mengangkat kepalanya ketika memerhatikan benda itu. Cara lainnya adalah dengan menarik pergelangan tangan anak anda secara perlahan dari posisi telentang menjadi posisi duduk.

2. Melatih anak membalikkan badan dari telentang ke telungkup

Ketika telentang, anak dibuat agar memperhatikan benda yang menarik (berwarna menyolok/berbunyi). Benda itu kemudian digerakkan ke sisi badannya. anak akan mengikuti benda itu sambil memiringkan badan. Benda digerakkan terus agar anak berlatih membalikkan badannya.

Bila anak anda sudah dapat mengangkat kepalanya, gendongan depan tidaklah masalah selama anda tetap menjaga kepalanya agar tidak jatuh. Namun sebaiknya jangan dipaksakan bila ia belum dapat mempertahankan leher dan kepalanya.

Kami menyarankan agar Anda dapat memeriksakan tumbuh kembang anak Anda ke dokter spesialis anak lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang berat badan bayi 3 bulan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar