Sukses

Infeksi TB Kambuh?

20 Apr 2017, 00:47 WIB
Wanita, 23 tahun.

Asalamualaikum. Dok aku mau tanya,kakaku sudah hampir 1 tahun lebi mengalami batuk sampai pernah batuk darah Shbis berobat kedokter kakaku suruh rongen tapi paru* nya bagus,minum obat ini itu tidak kunjung sembuh,dan sekarang udah hmpir 2 thun timbul batuk kering terasa gatal ditenggorokan,itu yang membuat aktivitas kakaku terganggu. Dan sekarang dileher kakaku itu agak bengkak.nafsu minumpun sekarang berkurang. Sampai sekarang badannya makin kurus,

Terimakasih telah bertanya seputar infeksi TB melalui Tanya Dokter.

Kami turut prihatin dengan kondisi kakak Anda.

Dari riwayat yang diceritakan sepertinya 2 tahun yang lalu kakak Anda mengalami infeksi tuberkulosis paru dan saat ini kambuh lagi. Di samping itu terdapat pula pembesaran kelenjar getah bening di leher, yang bisa juga akibat infeksi tuberkulosisnya (TB kelenjar).

Kami menyarankan agar kakak Anda kembali berobat kepada dokter paru atau dokter penyakit dalam serta menjalani beberapa pemeriksaan seperti rontgen paru, pemeriksaan darah, pemeriksaan dahak, dan biopsi kelenjar (bila diperlukan).

Bila ini benar infeksi TB, harus diobati secara tuntas agar tidak semakin meluas. Di samping itu, infeksi TB juga menular sehingga orang yang tinggal serumah dengan kakak Anda juga perlu diperiksa, terutama bila ada anak kecil di rumah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar infeksi TB. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar