Sukses

Moluskum Kontagiosum, Apakah Itu?

19 Apr 2017, 23:34 WIB
Pria, 3 tahun.

Dok mau tanyak anak saya usia 3,5thn tumbuh bintik-bintik putih di bagian tubuhnya Saya periksa ke dokter kulit katanya virus biji nasi dan harus dibuang apa boleh anak umur segitu disuntik obat bius?n apa istilah dari virus biji nasi

Terima kasih telah bertanya mengenai moluskum kontagiosum menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari istilah yang Anda gunakan, kami mengasumsikan bahwa yang dimaksud adalah infeksi virus moluskum kontagiosum.

Sebelumnya, izinkan kami menjelaskan sedikit tentang kondisi ini. Moluskum kontagiosum merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, yang mudah menular melalui kontak langsung lewat kulit atau benda-benda yang terkontaminasi. Infeksi kulit yang terjadi berupa papul (benjolan kecil dan sewarna kulit), tidak nyeri dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan dalam waktu setahun. Berhubung penyakit ini dapat menular, anak Anda harus lebih hati-hati dalam penggunaan alat yang bersama dengan orang lain, Anda tentu tetap perlu mandi untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan kulitnya, namun sebaiknya tidak mandi bersama atau di kolam bersama untuk menghindari penularan. Sebaiknya seluruh peralatan mandi dan pribadi Anda digunakan sendiri untuk mencegah penularan. Hingga saat ini, tidak ada salep yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit ini, hanya saja diperlukan hiegienitas yang tinggi untuk penderitanya supaya tidak meularkan dan juga mencegah banyaknya moluskum yang timbul. Makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral serta antioksidan baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dan kulit anak Anda.

Prinsip pengobatan adalah mengeluarkan massa yang mengandung badan moluskum secara higienis. Cara yang dapat dipakai adalah dengan menggunakan alat seperti ekstraktor komedo, jarum suntik, atau kuret. Cara lain dapat digunakan ekskholeasi, elektrokauterisasi atau bedah beku. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin guna dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan penyebab dan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai moluskum kontagiosum, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar