Sukses

Bagaimana Memastikan Kehamilan ?

19 Apr 2017, 21:42 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat sore.. dok aku telat 3-4 minggu aku teespek garis ya ada 2 positip. Trus aku priksa sama bidan hasil ya positip aku di nyatakn hamil. Tapi aku slalu keluar plek sedikit" seperti habis mens plek ya. Trus kmarin saya masih ragu. Saya lngsung di usg ko kantung janin ya belum ada masih kosong. Lalu saya di nyatakn hamil atau tidak ya dok. Trus ada plek yng keluar itu bisa bahaya apa nggak.. makaseh dok

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Flek-flek yang ada alami dapat merupakan tanda kehamilan normal. Pada saat terjadi penempelan sel telur, beberapa wanita mengalami perdarahan ringan /fleks (biasanya pada 7 hari sebelum mens berikutnya atau hari ke 21 pada siklus 28 hari). Perdarahan implantasi juga dinamakan tanda Hartman (Hartman Sign). Perdarahan bisa berlangsung 1-2 hari. Biasanya lebih sedikit dibanding darah haid. 

Tes kehamilan atau test pack yang merupakan alat deteksi kehamilan. Tes ini bekerja dengan cara mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Keberadaan marker ini dapat dideteksi dalam darah maupun urin kira-kira setelah implantasi (6-12 hari setelah terjadinya pembuahan).


Menurut penelitian, test pack memberikan keakuratan sebesar 97,4 % jika dilakukan oleh tenaga ahli. Namun keakuratan ini dapat turun hingga 75 % bila dilakukan oleh konsumen. Hal tersebut dapat disebabkan karena kekurangpahaman atau kegagalan untuk mengikuti instruksi pemakaian. Penggunaan yang kurang tepat juga dapat menyebabkan hasil negatif palsu ataupun positif palsu.

USG dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kehamilan dengan melihat adanya kantung kehamilan di dalam rongga rahim. USG terdapat 2 macam, yaitu : 

1. USG transabdominal : dilakukan dari perut, dapat mendeteksi usia kehamilan kurang lebih 6 minggu 

2. USG transvaginal : dilakukan dari vagina, dapat mendeteksiusia kehamilan kurang lebih 5 minggu. 

Pada usia kehamilan 3-4 minggu, akan sulit untuk mendeteksi secara pasti ada atau tidaknya kehamilan di dalam rahim. 

Sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter kandungan Anda untuk memastikan kehamilan Anda. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar