Sukses

Anak Emosi Tinggi

19 Apr 2017, 22:48 WIB
Pria, 36 tahun.

dokter, putri saya, saya beri susu formula s26 kalau untuk daya ingat putri saya memang kuat namun emosinya tinggi sementara kami tinggal dilingkungan yang baik melihat halini tetangga menganjurkan untuk ganti susunya apakah ada pengaruh susu formula itu dokter?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang emosi anak melalui fitur Tanya Dokter.

Apa saja yang menyebabkan kondisi anak Anda marah? Apakah hal ini dialami setiap hari, ataukah pada saat saat tertentu saja? Bagaimana respon dan aktifitasnya selama ini? Sejak kapan Anda menyadari kondisi ini? Berapakah usia anak Anda saat ini? Anak tantrum memiliki respon yang bervariasi, mulai dari menangis keras, memukul, menendang, menghentakkan kaki, melemparkan barang atau bahkan menahan napasnya. Tidak ada hubungannya antara pemberian susu tertentu dengan perkembangan emosi anak.

Temper tantrum merupakan hal biasa yang terjadi pada anak-anak, terutama anak yang berusia 1-4 tahun. Hal ini dikarenakan anak masih belajar cara untuk berkomunikasi dengan efektif. Pada kebanyakan anak, tantrum merupakan cara untuk mengeluarkan rasa frustasi dan mengetes sejauh mana orangtua dapat bertahan ketika anaknya minta dibelikan sesuatu yang sangat ia inginkan.

Hal ini sering dianggap merupakan bagian normal perkembangan anak. Namun, walaupun dianggap sebagai bagian normal perkembangan anak, temper tantrum merupakan hal yang dapat membuat orang tua stres. Bila terjadi hanya beberapa kali, tantrum dianggap bukan masalah dan dapat diabaikan. Namun, bila tantrum ini terjadi secara rutin atau sangat sering, orangtua harus mencari penyebab utama terjadinya tantrum, serta mencari cara terbaik untuk menghentikan hal ini.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyikapi sikap tantrum pada anak, antara lain: Jaga temperamen Anda agar tetap terkendali.Tarik napas, dan beritahukan kepada anak Anda bahwa sifat tantrum tersebut bukanlah hal yang dapat diterima.Apabila anak Anda merasa kesal sampai tidak bisa ditenangkan atau di luar kendali, peganglah dengan erat tubuh anak Anda untuk membantu menenangkannya. Beritahukan secara lembut bahwa Anda mencintai dia, namun Anda tidak akan memberikan segala hal yang ia inginkan. Bila hal tersebut tidak berhasil, pindahkan anak dari situasi yang membuat dapat membuat ia bersikap tantrum. Biasanya hanya diperlukan 1 atau 2 menit untuk lebih menenangkan dia dengan cara ini.Jangan pukul atau meninggikan nada suara Anda, karena hal ini akan membuat tantrum anak menjadi semakin buruk.

Cara di atas dapat Anda lakukan untuk menyikapi sikap tantrum pada anak. Namun, apabila sifat tantrum pada anak terjadi lebih sering, belum berhenti pada usia sekitar 4 tahun, atau anak berisiko melukai dirinya sendiri maupun orang lain, konsultasikan masalah tersebut segera ke dokter anak untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang emosi anak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar