Sukses

Ingin Menggugurkan Kandungan

19 Apr 2017, 21:35 WIB
Wanita, 27 tahun.

Pagi dok,,sya mau bertnya,,sya sdg menyusui ank sya yg ke2 bru 3bln,dan kmrin sya TP positi,sdngkan sya mersa blm siap soalny bekas melahirkan kmrin msih brasa sakit,yg sya mau rnyakan bolehkah klo dikuret trimakasih seblmnny

Terimakasih telah bertanya seputar menggugurkan kandungan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Menggugurkan kandungan dikenal dengan istilah “abortus”, adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia 20 minggu kehamilan atau berat bayi kurang dari 500 g (ketika janin belum dapat hidup di luar kandungan). Angka kejadian abortus meningkat dengan bertambahnya usia ibu dan terdapatnya riwayat abortus sebelumnya. Proses abortus dapat berlangsung secara:

  1. Spontan / alamiah (terjadi secara alami, tanpa tindakan apapun)
  2. Buatan / sengaja (abortus yang dilakukan secara sengaja)
  3. Terapeutik / medis (abortus yang dilakukan atas indikasi medik karena terdapatnya suatu masalah atau komplikasi)

Untuk menggugurkan kandungan harus ada alasan medis yang tepat, alasan tersebut meliputi: ada cacat janin yang tidak dapat disembuhkan dan mengancam nyawa janin atau ibu memiliki penyakit dan kondisi kesehatannya terancam dengan kandungan yang dialaminya.

Perlu diketahui juga bahwa terdapat risiko dari pengguguran kandungan. Ada beberapa efek juga yang dapat muncul dari pengguguran kandungan yang salah seperti kelainan pada organ kelamin wanita, infeksi organ kandungan, dan gangguan psikis pada ibu.

Kami tetap menganjurkan agar janin dipertahankan sebab setiap individu mendapat hak untuk hidup. Bayi merupakan anugerah yang indah dari Tuhan, sekalipun mungkin pada awalnya tidak diinginkan. Banyak sekali pasangan yang berusaha mendapatkan bayi namun sulit. Mungkin Anda bisa mencoba merenungkan kembali dengan matang, bersama dengan pasangan apakah menggugurkan kandungan memang merupakan jalan satu-satunya untuk menyelesaikan masalah.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar