Sukses

Penyebab Satu Sisi Mata Rabun

19 Apr 2017, 15:39 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya mau tanya kemarin saya baru periksa mata dan hasilnya mata kiri saya normal dan mata kanan -2.25. ini prtama kalinya saya priksa dan saya langsung tdk prcaya klo saya minus krna saya mrsa klo saya masih bisa membaca/ mlhat objek tnpa kcmata. sbnrnya apa penyebab'y ya dok yg mnybabkan hanya mata kanan yg minus? trmkasih :)

Terimakasih telah bertanya mengenai rabun jauh melalui fitur Tanya Dokter.

Rabun jauh disebut juga dengan miopia. Tanda yang paling jelas pada kondisi ini ialah buram atau penurunan tajam penglihatan saat melihat objek yang jauh. Berat ringannya miopia dapat diperiksa secara manual dengan diagram Snellen atau secara otomatis dengan mesin.

Secara umum, pada mata yang minus, sistem optik terlalu 'kuat' dalam membiaskan cahaya sehingga bayangan jatuh di depan retina. Ini terjadi karena kornea, lensa mata terlalu cembung, atau bola mata terlalu panjang.

Pada kasus Anda, rabun jauh hanya terjadi pada mata kanan dan tidak pada mata kiri. Ketika Anda melihat dengan kedua mata (binocular vision), mata kiri akan mengkompensasi kekurangan mata kanan sehingga Anda tetap merasa dapat melihat jelas dengan kedua mata. Namun, bila diperiksa satu-satu baru terlihat di mana defeknya.

Minus 2.25 merupakan ukuran yang cukup besar karena itu perlu dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak. Bila dibiarkan, lama kelamaan mata sisi kiri pun akan lelah untuk mengkompensasi dan akhirnya berkurang pula tajam penglihatannya. (Baca: Mengatasi Mata yang Rabun)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar rabun jauh. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar