Sukses

Haid dan Kehamilan

19 Apr 2017, 21:12 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya mau tanya .. Terakhir sya dapat haid itu blan november lalu dan trakhir sya brhubungan dgn suami sya blan desember , stelah itu sya tdak dapat haid lgi tapi kemudian saya suntik kb per bulan slama 2 blan brturut turut dan slama suntik kb trnyata saya haid . Dan skrg sya sdah brhnti kb dari bulan 3 lalu tpi knapa sya blum haid jga dok ? Jika sya tekan bgian perut sya , ada yg berdetak dan sesekali terasa kedutan . Apa sya hamil ? Jika sya hamil apa suntik kb yg sya lakukan itu brbhaya utk janin sya ?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang haid dan kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama.

Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan.

Tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

Sering berkemih
Pembesaran dan nyeri payudara
Mual
Perasaan lelah
Daerah sekitar puting susu menghitam
Peningkatan suhu tubuh
Flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim, keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja
Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

Terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
Terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi (pemeriksaan dokter)
Terlihat gambaran janin pada USG atau scanning
Tanda awal kehamilan dengan sindrom pra menstruasi memang mirip, tetapi yang jelas membedakannya adalah bila memang hamil Anda tidak akan haid setelah mulai mengalami gejala-gejala tersebut.

Untuk memeriksa apakah Anda hamil atau tidak cukup mudah, hanya dengan test pack.

Tes kehamilan mendeteksi kadar hormon beta-hCG (human chorinic gonadotropin) dalam urin Anda. Hormon beta-hCG ini merupakan hormon yang dihasilkan oleh plasenta (ari-ari) embrio (bakal janin). Test pack memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap kadar hormon beta-hCG yang bisa dideteksi, tergantung merk produk yang digunakan. Rata-rata yang dijual di Indonesia memiliki tingkat sensitivitas sebesar 25 mIU/mL, ada juga yang 10 mIU/mL (lebih sensitif karena dapat mendeteksi kadar beta-hCG yang lebih kecil). Test pack ini dapat mendeteksi kehamilan sejak 6 sampai 14 hari sejak pembuahan (yaitu sejak berhubungan intim). Tetapi, hasil paling akurat akan didapatkan apabila Anda sudah mengalami telat haid, kurang lebih 3-4 hari dari tanggal haid yang seharusnya. Kadar beta-hCG sendiri mencapai puncaknya pada minggu ke-8 hingga ke-11 kehamilan yang dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Bila Anda melakukan test pack pada hari-hari ini hasilnya bisa dipastikan positif bila memang hamil.

Apabila didapatkan hasil positif/negatif dan Anda masih ragu, ulang kembali 1-2 hari kemudian, boleh dengan merk test pack yang berbeda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang haid dan kehamilan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar