Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Penanganan Ejakulasi Dini

17 Apr 2017, 09:11 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok mau tanya. Dulu di awal pernikahan jika berhubungan dengan istri bisa sampai 30 menit bahkan bisa lebih. Tapi setelah 5 tahun menikah, saat berhubungan setelah dimasukkan cuma bertahan 1 sampai 3 menit. Apakah saya termasuk ejakulasi dini? Jika iya, apakah ada obat atau terapi yang bisa mengembalikan performa saya seperti semula?

Terima kasih telah bertanya mengenai ejakulasi dini melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Berdasarkan konsensus International Society of Sexual Medicine pada tahun 2014, ejakulasi dini diartikan sebagai

  • Sejak pertama kali melakukan hubungan intim, ejakulasi selalu atau hampir selalu terjadi kurang dari satu menit setelah penetrasi vagina. Kondisi ini disebut ejakulasi dini primer.
  • Tapi, orang yang sebelumnya normal pun dapat mengalami ejakulasi lebih singkat, yaitu kurang dari tiga menit setelah penetrasi vagina. Kondisi ini disebut ejakulasi dini sekunder.
  • Ketidakmampuan untuk menahan ejakulasi pada semua atau hampir semua penetrasi vagina.
  • Menimbulkan konsekuensi negatif secara personal seperti stres, cemas, frustasi, dan menghindari hubungan intim.
    Pengertian ini hanya berlaku ketika Anda berhubungan intim yang sesungguhnya dengan wanita dan tidak dapat dipakai sebagai acuan ejakulasi dini bila dilakukan dengan onani/masturbasi.

Ejakulasi dini pada pria dapat disebabkan oleh psikologik (perasaan bersalah, stress, kecemasan, disfungsi ereksi), organik (gangguan organ), atau iatrogenik (karena tindakan medis). Penyebab ED sendiri paling banyak disebabkan oleh psikologis. Penanganan ejakulasi dini disesuaikan dengan penyebabnya. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis urologi mengenai hal ini. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai ejakulasi dini. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar