Sukses

Hb Tinggi

17 Apr 2017, 09:10 WIB
Pria, 24 tahun.

apa hubugan hb tinggi dengan atlet? saya 2x ingin donor tp tidak isa karena hb tinggi, setelah saya banyak baca dari website, tidak ada kecenderungan penyakit yg di sebabkan hb tinggi, saya suka berolahraga.

Terima kasih telah bertanya mengenai HB tinggi melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Kadar hemoglobin dapat meningkat pada beberapa kejadian, yaitu:

  • Orang yang tinggal di daerah 2 km lebih tinggi dari permukaan laut memiliki Hb lebih tinggi dari pada orang yang tinggal di daerah yang setinggi permukaan laut. Walaupun hal ini juga bervariasi untuk tiap individu
  • Kerja fisik yang berat
  • Perubahan posisi dapat menyebabkan kada Hb meningkat sementara. Misal, pada posisi berdiri, kadar Hb lebih tinggi dari pada berbaring
  • Variasi kadar hemoglobin harian juga terjadi, peneliti mengatakan bahwa pada pagi hari seseorang memiliki kadar Hb tertinggi dan pada sore hari memiliki kadar Hb terendah.

Adapun kadar hemoglobin yang lebih tinggi dari rujukan disebut polisitemia. Polisitemia vera merupakan kadar Hb yang tinggi yang diketahui penyebabnya. Sedangkan Polisitemia sekunder dapat disebabkan oleh penyakit jantung bawaan, peyakit paru, tumor hati. Polisitemia relaitf terjadi pada mereka yang mengalami luka bakar. Untuk setiap penyebabnya, penanganannya berbeda-beda.

Polisitemia dihubungkan dengan kejadian hipertensi, obesitas, stres, kekurangan oksigen (misalnya penyakit paru kronik, orang yang tinggal di pegunungan, penyakit jantung kronik atau bawaan), kelainan gen, atau kelainan pada sumsum tulang.

Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penyebab dari kondisi Anda. Demikian informasi yang dapat kami berikan bertanya mengenai HB tinggi. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar