Sukses

Penyebab Kaki Bengkak

17 Apr 2017, 09:09 WIB
Pria, 29 tahun.

Selamat siang dok...ayah saya umur 62 Tahun..Dok saya mau tanya dok kaki saya bengkak dok. dari hasil pemeriksaan Gula darah 102 dok.Asam Urat 11 dan Kolestrol 227 dok... ayah saya sakit apa yadok??apa ada terapi obat untuk kaki ayah saya yang bengkak.

Terima kasih telah bertanya mengenai kaki bengkak melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Gout atau orang awam bilang “asam urat” adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh. Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi (radang) pada persendian (artritis). Nilai normal asam urat antara pria dan wanita berbeda. Nilai normal asam urat untuk pria antara 3,4 hingga 7 mg/dl, sedangkan pada wanita 2,4-5,7 mg/dl . Kadar asam urat ayah anda 11 mg/dl, berarti sudah lebih dari nilai normal. Gout kronik (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat didalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

Kolesterol tinggi banyak diderita oleh orang dengan pola makan berlemak, gaya hidup tidak sehat dan kesibukan bekerja. Penyebab kolesterol tinggi sebenarnya adalah pola makan berlebihan, dalam hal ini terutama yang mengandung lemak jenuh seperti daging, susu, keju, mentega, dan kuning telur.Kolesterol tinggi dapat diturunkan secara genetik, disebut familial hypercholesterolemia. Selain itu, semakin tua usia seseorang maka kolesterol LDL (kolesterol jahat) berkecenderungan meningkat terutama pada wanita menopause.

Menurunkan kadar LDL dan kolesterol total dapat dilakukan dengan metode sederhana:

  • Mengubah pola makan dengan mengurangi makanan tinggi lemak jenuh
  • Menurunkan berat badan karena overweight dapat menyebabkan peningkatan LDL, berkurangnya HDL, dan peningkatan kadar kolesterol total
  • Berolahraga
  • Hentikan merokok

Perubahan pola hidup ini juga dapat menurunkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Kontrol kolesterolteratur sebaiknya dilakukan. Pada usia > 20 tahun, kadar kolesterol sebaiknya diukur setidaknya sekali dalam 5 tahun yang mencakup kadar total kolesterol, LDL, HDL, dan trigliserida. Kadar optimal lipoprotein:

  • Kolesterol total < 200 mg/dl
  • LDL < 160 mg/dl
  • HDL ≥ 60 mg/dl
  • Trigliserida < 200 mg/dl.

Sayang sekali, Anda tidak memberikan informasi yang mencukupi bagi kami mengenai kaki bengkak. Perlu diketahui: kaki sebelah mana yang bengkak, ataukah kedua kaki? Sejak kapan ayah Anda mengalami keluhan ini? Apakah terasa sakit? Kemerahan? Apakah bengkak kemudian menghilang, dan kapan bengkak menghilang? Apakah ada keluhan lain seperti sesak napas, nyeri dada, mudah lelah, batuk pada malam hari, berdebar-debar? Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kaki bengkak. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar