Sukses

Siklus Haid setelah Suntik KB 3 Bulan

19 Apr 2017, 10:54 WIB
Wanita, 19 tahun.

Saya Memakai alat kontrasepsi kb suntik yg 3 bulan . Bulan 12 2016 saya Suntik yg 3 Bulan , trus bulan 1 2017 sya adA mens skitar 1 minggu trus brhnti Sktar 3 hari sya kmbali mens tpi tidak bnyakk . DAn sAmpai sekarang masih mens tidak bnyak darahnya tpi tiap hari pasti adA mengeluarkan darah . Hingga bulan 3 2017 ini sya Sdah suntik Lagi Tpi masih Mens .. Apakah pengaruh KB atau apa ?? Apakah kemungkinan SAya bisa hamil walaupun Sudah memakai alat kontrasepsi ??

Terima kasih telah bertanya seputar haid dan suntik kb menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus menstruasi. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai pilihan KB yang paling sesuai bagi Anda. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar