Sukses

Ngilu di Testis

18 Apr 2017, 10:48 WIB
Pria, 21 tahun.

selamat malam dok, saya mau bertanya. .. Kadang saya merasa nyeri dan ngilu di bagian testis sampai perut bawah. Dan ketika saya raba di area testis, terdapat urat-urat yang saya tidak tau itu apa. Akhirnya saya memutuskan untuk menemui dokter spesialis bedah urologi. Dokter menyarankan saya untuk melakukan USG Doppler (USG Testis). Dan hasilnya normal-normal saja, dan tidak tampak varikokel yang ditakutkan selama ini. ... Namun sampai saat ini saya kadang masih terasa nyeri dan ngilu, ketika duduk yang lama dan beraktivitas berat. ... Gejala apa yang saya derita ya dok, apakah syaraf terjepit atau yang lain... terimakasih ...

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang ngilu di testis melalui fitur Tanya Dokter.

Rasa nyeri pada buah pelir atau di dunia medis disebut testis dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti infeksi atau peradangan, trauma, torsio atau perputaran saluran sperma, dll. Sebelum mengetahui apa yang terjadi pada diri Anda, selain dari informasi mengenai keluhan yang dirasakan tentunya juga dibutuhkan pemeriksaan langsung untuk menentukan kondisi testis Anda dan organ di sekitarnya.

Selain gejala nyeri seperti yang Anda keluhkan, apakah terdapat:

Riwayat trauma atau cedera di daerah kemaluan? 
Kemerahan atau rasa panas pada daerah kantung testis (buah zakar)?
Apakah nyeri terus menerus atau hilang timbul?
Bagaimana sifat nyeri (nyeri berdenyut, nyeri seperti ditusuk)?

Apabila dicurigai terdapat saraf terjepit, maka faktor risiko seperti jatuh terduduk, riwayat sering membawa beban berat, riwayat rasa nyeri/ kesemutan menjalar dari pinggang harus diungkap. Adakah diantara riwayat tersebut yang Anda alami?

Kami sarankan agar Anda kembali memeriksakan diri pada dokter urologi yang pernah memeriksa Anda. Sampaikan bahwa keluhan belum hilang, sehingga apabila perlu diperiksakan dengan modalitas dan prosedur lain, maka diagnosis gangguan yang menyerang Anda akan lebih mudah terungkap.
Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai ngilu di testis, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar