Sukses

Pemulihan Pasca Operasi Katup Jantung

19 Apr 2017, 06:35 WIB
Pria, 26 tahun.

Halo dok, saya kan habis operasi repair katup jantung bulan november 2016. Sampai kapan saya harus konsumsi obat dan apakah aktivitas saya bisa lebih lagi. selain lari-lari sore/pagi dan seperti ke GYM. Terimakasih.

Terimakasih telah bertanya seputar pemulihan pasca operasi katup jantung melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Masa pemulihan pasca operasi katup jantung normalnya 4-8 minggu dan bisa lebih singkat bila metode operasinya minimal invasif (bukan operasi terbuka).

Segera setelah operasi, pasien diminta untuk bisa bangun dari tidur sendiri, bernafas dalam dan tetap makan, minum dan berjalan seperti biasa. Beberapa hari/minggu setelah operasi, pasien akan mulai merasakan energi mereka kembali dan dapat melanjutkan aktivitasnya secara normal. 

Setelah 4-6 minggu pasca operasi, Anda perlu kontrol ke dokter yang merawat. Dari sini bisa ditentukan apakah jantung Anda sudah mampu untuk mendukung aktivitas yang biasa Anda lakukan, bahkan untuk berolahraga. 

Saat ini sudah hampir 5 bulan pasca operasi. Secara teori, Anda sudah mampu untuk melakukan aktivitas fisik yang lebih berat. Namun, sebaiknya tetap konsultasikan dulu dengan dokter yang merawat. Sejauh mana jantung Anda bisa mentoleransi intensitas aktivitas fisik. Agar jantung dapat menopang aktivitas fisik yang lebih berat, umumnya disarankan untuk melakukan aktivitas fisik sedang kurang lebih 150 menit per minggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar pemulihan pasca operasi katup jantung. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar