Sukses

Apakah Saya Mengalami Keguguran?

19 Apr 2017, 06:34 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya kemarin hamil sepertinya baru minggu pertama, ini hamil pertama saya, saya tidak tau klo saya sdg hamil, gejalanya kaya masuk angin biasa, dan seminggu stlh sering mual tiba2 saya haid dan ketika buang air kecil keluar gumpalan daging sedikit, Pas saya periksa ke bidan katanya saya sdg hamil, padahal saya di KB gk pernah telat tiap bulan nya, kok bisa hamil ya ?? Trus knpa saya tiba2 keguguran padahal saya baru tau klo saya sdg hamil, ?? Apa harus dikiret dok ?? Telah seminggu keguguran saya langsung haid lagi, haid nya juga sedikit bgt cuma siang doang klo malem gk keluar haid, ? Itu knpa ya ? Pentingkah dikiret dok kan saya baru semingguan hamil nya ?

Terimakasih telah bertanya seputar keguguran melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Sebelumnya kami ingin bertanya terlebih dulu, apakah Anda mengalami telat haid sebelum terjadi perdarahan? Dan apakah Anda sempat melakukan testpack?

Jika Anda mengalami telat haid dan belum melakukan testpack, ada kemungkinan hamil sekalipun menggunakan KB. Metode KB apa yang Anda gunakan? 

Secara umum, apapun metode KB nya tetap ada kemungkinan kegagalannya meskipun kecil.

Yang saat ini perlu dipastikan adalah apakah darah tersebut merupakan darah dari keguguran atau darah haid. Ciri perdarahan akibat keguguran ialah perdarahan yang terus menerus tanpa atau bisa disertai gumpalan seperti daging yang merupakan bagian janin. Biasanya disertai pula dengan kram perut yang semakin memberat. 

Untuk memastikannya, Anda memerlukan pemeriksaan USG oleh dokter kebidanan. Bila ini memang keguguran, jika nampak sisa jaringan pada USG maka perlu dikuret. Tetapi jika semua bersih tidak perlu dikuret. Masih mungkin juga bahwa ini hanya perdarahan haid.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar keguguran. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar