Sukses

Muntah Darah Setelah Minum Alkohol

18 Apr 2017, 15:01 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok. Saya dewi .,kakak saya kemarin pulang sehabis dengan teman nya . Dia muntah muntah (warna hitam muntahan nya ) dok setelah mengkonsumsi miras oplosan ... lha saya takut dok. Karena muntah nya tidak mau berhenti dari jam 11 malam sampai jam 3 sore tadi .... bagaimana cara mengatasinya dok . Dan menyehatkan tubuh nya kembali... tolong dok . Anda beri solusinya dok dan makanan apa yang harus dimakan kakak saya agar normal kembali .....terimakasih

Terimakasih telah bertanya mengenai muntah darah akibat alkohol melalui fitur Tanya Dokter.

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan dinding lambung meradang. Alkohol merupakan zat yang bersifat korosif. Bila perdarahan berwarna merah segar, berasal dari dinding kerongkongan sedangkan bila darah berwarna merah kehitaman, berasal dari lambung. Warna hitam disebabkan darah mengalami oksidasi oleh asam lambung. Biasanya darah ini akan keluar pula dalam bentuk BAB hitam.

Kondisi ini merupakan kegawatdaruratan medis dan perlu segera dibawa ke instalasi gawat darurat rumah sakit. Perdarahannya harus ditangani agar tidak terjadi komplikasi yang lebih serius.

Biasanya pasien memerlukan puasa selama perdarahan masih terjadi. Bila sudah bisa makan, hindari konsumsi makanan dan minuman yang meningkatkan asam lambung seperti makanan pedas, asam, dan mengandung terlalu banyak lemak. Hindari pula minuman berkafein seperti kopi dan teh, serta kebiasaan merokok. Yang pasti, konsumsi alkohol juga harus dihentikan agar tidak terjadi perdarahan ulang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar muntah darah akibat alkohol. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar