Sukses

Anak Demam Tinggi dan Lidah Terlihat Putih

18 Apr 2017, 15:35 WIB
Pria, 3 tahun.

Slmt sore dokter,saya mau tanya sudah 2 hari ini badan anak saya panas tinggi terutama pas saat menjelang malam...di hari ke2 ini suhu tubuhnya meningkat hampir mencapai 40°c biarpun sudah dikasih obt penurun panas /4jam skali tapi pada kaki & telapak kaki nya dingin,pada lidah nya keliatan putih tp pada pinggirnya merah & bau mulutnya mulai terasa,,,kira2 anak saya sakit apa ya dok,trims

Terima kasih telah bertanya seputar anak demam menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Apakah ada keluhan lain seperti gangguan BAB (diare/sembelit)? Anda dapat terlebih dahulu memberikan obat penurun panas kembali, dan memberikan waktu untuk obat tersebut mulai bekerja. Obat penurun panas dapat anda ulang pemberiannya hingga tiap 4 jam (sesuai dosis berat badan yang dianjurkan dokter anak anda) jika memang demam belum juga turun. Jika anak muntah setelah minum obat, maka perlu dilakukan pengulangan karena obat tidak jadi diserap oleh tubuh.

Selain itu, anda dapat dapat juga memberikan kompres air hangat (bukan air dingin atau air es) di lipatan tubuh anak, untuk membantu menurunkan demam anak.

Jika demam terus diatas 38 C, keadaan anak memburuk, atau disertai dengan kejang, maka anda perlu segera mungkin membawa anak ke RS untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demam pada sore menjelang malam hari dengan disertai lidah kotor bisa jadi merupakan tanda khas demam tifoid. Namun diagnosa ini baru bisa ditegakkan setelah dilakukan pemeriksaan darah spesifik tifoid di laboratorium. Kami sarankan Anda untuk segera memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis Anak agar diagnosis dapat segera ditegakkan dan diberikan terapi yg sesuai. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar