Sukses

Pengobatan Mata Minus

18 Apr 2017, 11:48 WIB
Wanita, 14 tahun.

Selamat malam dok.saya mau bertanya banyak orang yang bilang kalo mata minus itu hanya bisa sembuh dengan operasi lasik,tetapi ada teman saya yang matanya sembuh tanpa oprasi lasik.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai pengobatan mata minus melalui fitur Tanya Dokter. 

Mata minus dapat dikoreksi dengan menggunakan kaca mata ataupun softlens. Kaca mata dan softlens hanya berfungsi mengkoreksi penglihatan, namun tidak mengurangi minus. Untuk mencegah penambahan minus, sebaiknya Anda juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A. Sebaiknya selalu gunakan kacatama agar minus tidak bertambah.

Mata minus tidak dapat turun karena faktor usia, namun setelah usia 40 tahun biasanya orang akan mengalami plus (hipermetropia), sehingga pada orang yang mengalami minus mata (miopia), minus akan seperti seolah-olah "menurun". Minus terkadang bisa merupakan faktor keturunan.

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK). Sementara ini belum ditemukan cara lain untuk menghilangkan minus mata.

Demikian informasi ini kami sampaikan mengenai pengobatan mata minus, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar