Sukses

Kulit Terkelupas dan Teriritasi

18 Apr 2017, 10:14 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya mau nanya ni.. Kenapa ya kulit di hidung saya ahir ahir ini sering terkelupas. Trus sehabis mandi gitu saya kopek kulit nya dok. Abis itu jadi merah kulit yg di atas bibir saya itu dok Solusi nya gmana ya dok.. ?? Makasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang kulit terkelupas dan teriritasi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kulit terkelupas, dan mudah iritasi/ kemerahan menandakan terjadinya kulit kering. Apakah beberapa waktu terakhir Anda menggunakan produk baru ke wajah Anda?

Untuk mengatasi kulit yang kering, perawatan yang Anda butuhkan memang sedikit ekstra. Terutama karena kulit yang kering berisiko mengalami penuaan yang lebih cepat. Secara umum, berikut adalah penanganan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kulit kering.

Gunakanlah pelembab wajah, berinvestasilah dalam memilih pelembab yang tepat. Untuk mencuci muka, pilihlah sabun muka yang kaya akan pelembab dan tidak menyebabkan kulit wajah anda kering dan memiliki pH sesuai pH kulit (lebih kurang 5,5). HIndari penggunaan sabun antiseptik ke wajah, dan kalau bisa hindari membasuh muka dengan air hangat karena air hangat cenderung membuat wajah kering. Terakhir, jangan lupa untuk banyak mengonsumsi air putih dan buah-buahan agar kekenyalan kulit wajah Anda terjaga.

Bila kulit anda sering berkeringat/ berminyak, maka pilihnya jenis pembersih yang berlogo 'oil-free'. Jenis kulit yang berminyak adalah jenis kulit yang memiliki tendensi untuk mengalami penyumbatan pori-pori, oleh sebab itu kami sarankan Anda memilih produk yang “non-komedogenik” dan “tidak menyebabkan jerawat”. Produk-produk ini biasanya tidak mengandung alkohol berlebihan atau tidak mengandung basa sabun berlebihan.

Selain itu, pastikan pH sabun yang Anda gunakan untuk membersihkan wajah sesuai dengan pH kulit (5-6,5), karena bila pH sabun terlalu basa (seperti sabun mandi biasa), maka kulit cenderung akan kering dan memicu produksi minyak yang lebih banyak.

BIla keluhan terus menerus berlangsung, sebaiknya Anda mengunjungi dokter secara langsung. Dengan begitu kelainan kulit Anda akan diperiksa secara menyeluruh. 
Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai kulit terkelupas dan teriritasi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar