Sukses

Cara Minum Pil KB

18 Apr 2017, 08:36 WIB
Wanita, 19 tahun.

ass.. dok saya menggunakan kb suntik 1bln H-7 sebelum saya menikah,saya suntik tgl 5 desember lalu saya suntik lg 5 januari,tp setelah saya suntik 5 januari itu saya haid berkepanjangan - 1bln, lalu saya konsul ke dokter,dokter menyarankan minum kb pil agar haidnya teratur,skrang terhitung sudah 2bln setelah kb suntik berakhir. Lalu apa saya harus mengkonsumsi kb pil sekarang? dan jika saya mengkonsumsi apa tidak boleh berhubungan dulu? mohon di balas dok terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang cara minum pil KB menggunakan fitur Tanya Dokter.

Terdapat dua jenis kontrasepsi pil, yaitu pil kominasi dan mini pil (pil progestin). Untuk penggunaan pil kombinasi, walaupun bisa sebagai kontrasepsi darurat, sebaiknya diyakinkan dahulu bahwa Anda tidak hamil atau dicurigai hamil. Waktu mulai sebaiknya pada hari pertama sampai hari ke 7 siklus Haid atau terlebih dahulu melakukan testpack. Boleh menggunakan pada hari ke 8, tetapi perlu menggunakan metode kontrasepsi yang lain (kondom) mulai hari ke 8 hingga hari ke 14 atau tidak melakukan hubungan seksual sampai Anda telah menghabiskan paket pil tersebut.

Untuk mini pil, boleh digunakan setiap saat asal tidak hamil atau dicurigai hamil. Dapat dimulai pada hari pertama sampai hari ke 5 siklus haid atau melakukan testpack sebelumnya. Bila dimulai pada hari ke 5 siklus haid, jangan melakukan hubungan seksual selama 2 hari atau menggunakan metode kontrasepsi lain untuk 2 hari saja.

 

Demikian, semoga informasi terkait cara minum pil KB ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar