Sukses

Benjolan di Zakar Bayi

18 Apr 2017, 07:27 WIB
Wanita, 27 tahun.

Permisi dokter, saya mau nanya. Saya mempunyai seorang putra dan baru berusia berjalan 3 bulan. Per tanggal 22 maret kemarin timbangannya 4.8kg. Saya cukup khawatir, mohon maaf di bagian zakarnya ada timbul seperti benjolan. Namun saat di tekan tidak keras, seperti cairan atau seperti kelenjar. Tidak berwarna merah atau pun memar. Warna benjolan tersebut kelihatan bening. Menurut dokter itu kira2 apa? Bagaimana cara menanganinya? Terima kasih atas solusinya.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang benjolan di zakar bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah  sudah pernah melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter? apakah letaknya di zakar (penis) atau di buah zakar (skrotum)? apakah benjolan tersebut semakin besar? adakah tanda kemerahan, panas, serta apakah anak pernah demam?

Kemungkinan benjolan di penis bisa disebabkan adanya kista di penis atau jerawat di penis. Gangguan adanya kista di penis merupakan hal yang sangat amat jarang terjadi. Dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung untuk menentukan apakah benjolan tersebut merupakan kista atau bukan. Jika memang terbukti kista, penyebabnya bisa oleh karena kista sebasea. Kista Sebasea yang merupakan kantung tertutup di bawah kulit berisi cairan, gas, atau zat semisolid bahan dan bukanlah bagian dari jaringan yang normal. Pada umumnya kista akan mengecil dengan sendirinya. Namun sesungguhnya hal ini sangat jarang terjadi pada bayi.

Kami sarankan anak Anda konsultasikan dengan dokter spesialis anak, agar mendapatkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mendapatkan penanganan yang optimal.
Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai benjolan di zakar bayi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar