Sukses

Bahaya Keloid

18 Apr 2017, 04:33 WIB
Pria, 23 tahun.

Saya mau konsultasi masalah bekas luka dipinggang saya dok..lukanya terkena knalpot motor trus kulitnya jadi timbul dok sejenis keloid..kira2 ada efek apa untuk kedepannya ya dokter Semisalkan mempengaruhi orang2 sekitar atau membahayakan diri saya sendiri...dikarenakan saya mau melamar kerja tp terkendala di check body dok makanya saya mau konsultasi dengan dokter..terima kasih dok

Terima kasih telah bertanya tentang bahaya keloid melalui fitur Tanya Dokter.

Terdapat dua macam bekas luka yang tampak menonjol, yaitu keloid dan bekas luka hipertrofik. Keduanya dapat dibedakan melalui tampilan secara makroskopis maupun mikroskopis. Faktor risiko terjadinya dua kasus ini meningkat pada seseorang beretnis kulit gelap dengan riwayat keluarga yang memiliki keluhan sama.

Keluhan biasanya disebabkan karena adanya proses infeksi atau tarikan pada jaringan bekas luka tersebut, terutama apabila lokasi terjadinya keloid dan atau bekas luka hipertrofik berada pada daerah yang memiliki ketegangan otot tinggi, seperti cuping telinga atau perbatasan mandibular.

VBaik keloid maupun bekas luka hipertrofik sebenarnya tidak berbahaya. Masalah yang dapat dialami lebih kepada masalah kosmetik saja karena kulit terlihat tak mulus.

Mengingat angka kekambuhan kasus ini cukup tinggi, beberapa tata laksana keloid adalah sebagai berikut :
1. Eksisi bedah pada jaringan yang terkena
2. Suntikan steroid intralesi
3. Terapi laser
4. Salep kortikosteroid

Perlu diketahui bahwa rangkaian terapi di atas tiak menjamin bahwa jaringan dapat kembali normal 100%. Kini, para ahli sedang meneliti penggunaan terapi radiasi untuk kelainan kulit ini.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri lebih lanjut untuk dilakukan pemeriksaan langsung, dan mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi terkini Anda.

Semoga penjelasan tentang bahaya keloid ini bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar