Sukses

Alergi dan Infeksi Jamur

14 Apr 2017, 05:45 WIB
Pria, 25 tahun.

Singkat cerita. Dok sy punya alergi trhadap makanan jenis seafood dan hewan yg makan por/setrat baik itu lele ayam atau ikan yg d ternak mnggunakan pakan itu knp ya,dulu jika alergi kumat dan parah dibarengi muncul bisul.tapi skrng jika kumat dan parah ganti muncul jamur di selakangan,leher dan kepala bag blkng(ketombe banyak dan perih).. 1.dosis ketanazole 200mg 2x shari jika sy minum selama 2 minggu aman gak dok?.. 2.Tumbuh jamur knp tetap di 3 tempat itu? 3.obat alergi jenis dextametazone diresepkan 3x shari oleh dokter umum tapi oleh dokter mata tidak boleh sering konsumsi jenis obat ini krn bs mmbuat mata rabun n katarak dlm jangka panjang dan msh bnyk efek lainnya trmsuk oestoporosis,bnarkah dok? Saya tunggu balesannya,Trims sebelumnya..

Terimakasih telah bertanya seputar alergi dan infeksi jamur melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda.

Kami akan menjawab pertanyaan Anda satu per satu.

Anda mengalami alergi dan juga infeksi jamur. Alergi yang dialami di sekitar kepala dan leher kemungkinan berhubungan dengan dermatitis seboroik. Selengkapnya dapat Anda baca di sini: Kulit Kepala Gatal, Infeksi Jamur?.

1. Dosis ketanazole 200mg 2x shari jika sy minum selama 2 minggu aman gak dok?

Ketakonazole merupakan antijamur, dosis untuk mengatasi infeksi jamur memang 2x200 mg selama 2 minggu. Dosis tersebut aman dan efektif untuk mengatasi infeksi jamur.

2.Tumbuh jamur knp tetap di 3 tempat itu?

Reaksi alergi bisa selalu menetap di suatu lokasi. Pada Anda, alergi berlanjut menjadi infeksi jamur. Infeksi jamur pada manusia sering mengenai daerah lipatan, terutama selangkangan (baca: Gatal di Lipat Paha/Selangkangan) atau di kepala.

3. Obat alergi jenis dextametazone diresepkan 3x shari oleh dokter umum tapi oleh dokter mata tidak boleh sering konsumsi jenis obat ini krn bs mmbuat mata rabun n katarak dlm jangka panjang dan msh bnyk efek lainnya trmsuk oestoporosis bnarkah dok? 

Deksametasone merupakan obat golongan kortikosteroid yang berfungsi sebagai antiradang dan antigatal. Obat-obatan ini aman dikonsumsi jangka pendek (<1 bulan). Namun, bila gatal disebabkan oleh infeksi jamur sebaiknya tidak menggunakan golongan ini karena dapat membuat jamur semakin bertumbuh. Gatal bisa diatasi dengan antialergi/antihistamin seperti cetirizine atau loratadine. Kecuali peradangan yang dialami sangat parah, obat ini dapat diberikan dalam jangka pendek bersamaan dengan antijamur.

Penggunaan kortikosteroid jangka panjang memiliki banyak efek samping seperti percepatan katarak, osteoporosis, membuat gemuk dan hipertensi. Karena itu, penggunaannya perlu hati-hati dan selalu dilihat manfaat dan risikonya.

Setelah 2 minggu terapi antijamur, kami sarankan agar Anda kembali kontrol dengan dokter yang memberikan pengobatan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar alergi dan infeksi jamur. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar