Sukses

Olahraga Bagi Penderita HNP

17 Apr 2017, 09:07 WIB
Pria, 27 tahun.

Mau tanya. Pasca operasi HNP 2 tahun lalu tepatnya maret 2014. Apakah diperbolehkan berolahraga bersepeda (bukan sepeda statis) ?? Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya mengenai olahraga bagi penderita HNP melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Olahraga senam sebagai bagian dari fisioterapi/terapi fisik umumnya dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan memperkuat otot tulang belakang, namun tetap perlu disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien agar menghindari komplikasi atau efek yang tidak diinginkan. Karena pada beberapa kasus gerakan yang dirasakan nyaman oleh seseorang dapat menimbulkan nyeri jika dilakukan oleh individu lainnya.

Terapi fisik seperti olahraga memang penting untuk pasien dengan nyeri punggung bawah. Gerakan yoga bergantung dari gerakannya bila memang terfokus untuk mengurangi nyeri punggung bawah, merilekskan punggung, dan untuk membantu memperkuat otot punggung maka boleh dilakukan. Gerakan tersebut boleh saja dilakukan, namun lakukan secara perlahan-lahan, dan jangan dipaksakan atau segera berhenti jika Anda mulai merasakan nyeri karena nyeri adalah alarm dari tubuh bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda.

Selain itu, olahraga berenang bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

Jika Anda ragu, sebaiknya diskusikan dahulu dengan dokter atau ahli fisioterapi Anda agar latihan Anda lebih tepat guna dan Anda terhindar dari cedera yang tidak diinginkan. Mungkin juga akan ditambahkan gerakan senam tambahan yang lebih cocok untuk kondisi Anda dan dapat dilakukan di rumah. Yang juga perlu diingat, hindari posisi latihan yang dapat memperberat nyeri atau menambah tekanan pada punggung seperti gerakan memutar tubuh, angkat beban, atau gerakan yang dilakukan secara mendadak. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai olahraga bagi penderita HNP. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar