Sukses

Haid Terlambat, Test Pack Negatif

17 Apr 2017, 20:00 WIB
Wanita, 23 tahun.

Saya sudah terlambat 2 bulan terakhir haid tgl 7 januari sampai 7 april. Dan saya sudh tes khmilan hsilnya negatif. Berat badan sya naik drastis n pyudra trasa nyeri tp g trlalu. Apakah ad indikasi penyakit atw mungkin sya slh mnggunkn tespeknya.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pemeriksaan test pack didasarkan atas deteksi marker kimiawi dalam tubuh yang disebut dengan human chorionic gonadotropin (hCG). Pemeriksaan dengan menggunakan test pack tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun pada beberapa kasus dapat terjadi yang disebut dengan keadaan negaif paslu pada pemeriksaan menggunaka test pack, dimana hasil pemeriksaan selalu negatif walaupun Anda merasa terdapat tanda-tanda kehamilan.

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi. Adapun untuk memastikan telah terjadinya kehamilan, terdapat beberapa tanda pasti kehamilan, diantaranya ialah:

terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Dengan demikian untuk memastikan apakah terjadi kehamilan atau tidak, sebaiknya perlu didukung dengan dilakukannya pemeriksaan pasti pada kehamilan. Kami sarankan Anda untuk melakukan test pack ulang satu minggu kedepan dan berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut terhadap keluhan Anda

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar