Sukses

Seputar Belum Memiliki Anak

17 Apr 2017, 17:35 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok usia pernikahan saya sudah memasuki usia ke 9 bln. Namun blm dikaruniakan seorang anak. Saya pernah pijit ke tukang urut profesional, trnyata katanya rahim saya bergeser ke sbelah kanan. Dan akhirnya pengurutnya memperbaiki letak rahim saya. Pertanyaan saya adalah, 1. Apa benar rahim bisa bergeser dri tmptnya? 2. Apakah promil brhubungan dgn asam lambung yg saya derita? 3. Setiap hari saya selalu berkendaraan sepeda motor dgn suami melewati jalan yg tdk begitu bagus. Apakah ada pengaruh guncangan slma berada di atas speda motor dgn proses pembuahan?? Trmkash sebelumnya dok. Mohon pencerahannya

Terima kasih telah bertanya seputar kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda satu persatu.

1. Benarkah rahim bergeser?

Rahim atau uterus adalah bagian dari sistim reproduksi wanita yang memilliki fungsi utama sebagai implantasi atau tempat pertumbuhan janin. Rahim berlokasi di rongga panggul bagian dorsal atau belakang dan terkadang rostral terhadap kandung kemih dan ventral (di depan) dari rektum. Apabila tidak hamil, rahim hanya berdiameter beberapa cm dan berbentuk seperti buah pir. Posisi rahim digantung atau disuport oleh beberapa ligamen, diantaranya adalah ligamen peritonium yaitu ligamen uterosakral dan ligamen kardinal. Ligamen ini mencegah rahim bergeser.

Posisi normal rahim sehari-hari adalah antefleksi dan anteversi. Antefleksi adalah posisi fundus (bagian paling atas dari rahim) condong ke arah depan. Sedangkan anteversi berarti sedikit naik ke depan. Rahim memang dapat bergeser, seperti di dalam penyakir prolaps uteri dimana rahim bergeser masuk ke vagina. Rahim berada di tempat yang semestinya dengan bantuan dari ligamen sebagai stabilizer. Bila terdapat permasalahan dari ligamen, mungkin saja rahim bergeser.

Selama pergeseran rahim tidak mengganggu proses fertilisasi dan implantasi (perlekatan) maka tidak akan ada masalah kesuburan.

2. Apakah kesuburan berhubungan dengan penyakit asam lambung

Jika Ibu memang memiliki sakit maag atau di dunia kedokteran disebut dengan gastritis (peradangan pada lambung) atau sindrom dispepsia yaitu kumpulan gejala gangguan pencernaan dari nyeri perut, kembung, mual, dan muntah, maka tidak ada hubungannnya dengan kesuburan Ibu.

3. Apakah naik motor dapat mempengaruhi kesuburan

Tidak ada teori yang membuktikan ada hubungan antara mengendarai motor dengan kehamilan atau fertilitas.

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

Yang terakhir, ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas). Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar