Sukses

Sering Berkemih dan Ingin Cepat Hamil

17 Apr 2017, 15:01 WIB
Pria, 22 tahun.

doc...saya mau tanya,... usia saya 22 dan suami 28...menikah sudah 1,5thn tp belum juga merasakan hamil...kegelisahan selama ini sering kencing 5 menit sekali..jika dlaam satu jam tidak terhitung pergi ke toilet nya....kemudian ketiga haid datang kencing ny dalam 1jam 2x...aneehh kan doc...haid nya tidak teraktur siklus nya dan tangal nya..gimana doc ya...makan apakah biar cpet hamil ...

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai keluhan sering berkemih melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda alami adalah buang air kecil yang sering baik pada kondisi udara dingin dan juga pada malam hari. Buang air kecil adalah mekanisme tubuh mengeluarkan sisa metabolisme yang sudah tersaring di dalam ginjal. Frekuensi BAK sangat dipengaruhi oleh seberapa banyak cairan yang kita konsumsi, semakin banyak cairan yang kita konsumsi maka semakin sering kita BAK, serta dengan udara dingin pun BAK kita dapat meningkat frekuensinya. Sering buang air kecil juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi, kelainan pada struktur kandung kemih, kecemasan, kafein (kopi), dan beberapa penyakit.

Berikut merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan jika Anda memiliki keluhan dalam berkemih, Berapa banyak buang air kecil dalam sehari? Berapa banyak cairan yang Anda konsumsi? Apakah urin disertai pasir atau darah? Sudah berapa lama keluhan ini Anda rasakan? Apakah ada rasa nyeri saat buang air kecil? Atau adakah keluhan lain? Apakah buang air kecil dirasa tuntas?

Buang air kecil yang sering pada pria, dapat disebabkan oleh beberapa hal:

Infeksi saluran kemih. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit. Faktor risiko terjadi infeksi saluran kemih adalah minum sedikit, sanitasi yang buruk, dan hubungan seksual yang tidak sehat

Gangguan pada persarafan. Gangguan pada persarafan kandung kemih dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat stroke.

Overactive Bladder (OAB). OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih). OAB sendiri memang lebih sering terjadi pada wanita. Faktor risikonya adalah sering melahirkan dan berat badan berlebih.

Cemas

Konsumsi kafein. Kafein memiliki efek diuretik pada ginjal yaitu meningkatkan produksi urin (buang air kecil) yang secara tidak langsung menurunkan kadar elektrolit natrium dan kalium darah, dan bahkan dapat mengakibatkan dehidrasi pada cuaca panas.

Diabetes Mellitus. Gejala diabetes yang paling khas memang adalah 3P yaitu polidipsi (minum banyak karena sering haus), polifagi (makan banyak melebihi biasa), dan poliuri (berkemih banyak > 5x ketika istirahat atau tidur). Jadi berkemih banyak sewaktu Anda sedang beraktivitas atau karena Anda minum banyak bukanlah gejala dari Diabetes.

Diabetes insipidus: kekurangan hormon antidiuretik atau kurangnya respon ginjal terhadap hormon antidiuretik. Kondisi ini menyebabkan jumlah air kencing yang berlebih.

Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut berupa wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang, misalnya urinalisis atau USG. Karena kurangnya data dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik, kami tidak dapat memastikan penyebab dan diagnosis pasti keluhan Anda. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter penyakit dalam untuk diperiksa lebih lanjut.

 

Persiapan Kehamilan 

Untuk mendapatkan keturunan, Anda sebaiknya melakukan hubungan seksual pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar cepat mendapatkan keturunan adalah saat terjadinya ovulasi (masa subur). Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid istri Anda teratur. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi. Jika haid istri Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Karena itu untuk memperbesar kemungkinan terjadi pembuahan, kami sarankan untuk berhubungan intim teratur, 3-4x/minggu, terutama pada saat terjadinya ovulasi. Pada sebagian besar pasangan, kehamilan dapat terjadi dalam 1 tahun pertama setelah menikah.

Perlu juga diperhatikan:

Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil.
Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami).
Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas, Menurut The Center for Disease Control(CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).


Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Jika Anda telah melakukan berbagai tindakan seperti di atas dan hasil yang didapatkan dalam keadaan normal, namun tetap belum mendapatkan keturunan, bersabarlah dan tetap berusaha dan berdoa pada Nya. Semoga Anda dan Suami dapat segera dianugerahi buah hati.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai keluhan sering berkemih. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar