Sukses

Mengatasi Anak Mudah Batuk Pilek

17 Apr 2017, 13:56 WIB
Wanita, 1 tahun.

assalamualaikum dok.. anak saya semenjak mpasi gampang sekali sakit. gampang pula tertular sakit batuk pilek, sudah beberapa bulan belakangan ini batuk pileknya disertai demam dan nafsu makannya pun menurun dok, saya memiliki riwayat alergi (asma) apakah anak saya alergi seperti sya dok?mohon jawabannya.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai anak mudah batuk pilek melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Batuk-pilek pada anak kecil sering disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi (bakteri atau virus) atau alergi. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Gejala alergi macam-macam, bisa berupa kelainan kulit (kemerahan, gatal, bentol, iritasi), sesak napas, keluar lendir dari hidung, dan sebagainya.

Batuk pilek yang disebabkan oleh alergi umumnya muncul pada kondisi tertentu misalnya saat udara dingin, lingkungan yang berdebu, atau karena makanan tertentu. Untuk mengetahui pasti apa penyebab alergi si Kecil, dapat dilakukan skin patch test (uji tempel) atau skin prick test (uji cukit kulit) di dokter spesialis anak. Selain uji tersebut, dapat juga dilakukan uji eliminasi. Ibu dapat mencoba menyingkirkan faktor-faktor yang dicurigai sebagai pencetus alergi. Misalnya dengan membersihkan semua kain dan sudut rumah, menyingkirkan karpet, boneka, benda-benda lain yang dapat menyimpan debu, dan tidak memberikan makanan-makanan tertentu. Ibu dapat mencoba hal-hal tersebut untuk memperkirakan adakah pencetus alergi pada si kecil.

Batuk pilek juga dapat disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease) dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan memang tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, segeralah menghubungi dokter.

Dalam kasus buah hati Anda, perlu ditelusuri dengan teliti penyebab dari batuk pileknya, kami sarankan untuk membawanya langsung ke dokter spesialis anak karena mungkin saja ini adalah ISPA karena bakteri yang membutuhkan antibiotik atau ini karena alergi yang membutuhkan tambahan obat alergi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai anak mudah batuk pilek. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar