Sukses

Diare Anak Diakibatkan Alergi Susu Sapi?

15 Apr 2017, 09:40 WIB
Wanita, 27 tahun.

Anak saya usia 18bulan sering mencret terus disertai tak mau makan. Mencret biasanya 1minggu jika sembuh nafsu mknya pun meningkat tp setelah 1-2minggu mulai mencret lg. Kira2 dalam satu bulan sekali mengalami gejala Itu. Kenapa bisa trjadi seperti itu? Apa penyebabnya?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter dan bertanya mengenai diare anak.

Usia 18 bulan anak umunya sudah mulai makan makanan yang beragam. Adakah kemungkinan anak alergi susu sapi? Apakah anak masih konsumsi ASI atau susu formula?

Kami mengerti kekhawatiran anda. Manifestasi klinis alergi protein susu sapi (APSA) pada anak paling banyak terlihat pada saluran pencernaan sebesar 50-60 persen. Sisanya terlihat di kulit dan saluran nafas. Gejalanya mulai dari ringan sampai berat hingga mengancam jiwa, seperti asma berat, udem laring, dan anafilaksis yang berakibat tidak sadar atau maut.Manifestasi pada saluran pencernaan biasanya dalam bentuk muntah, diare, dan diare berkepanjangan. Jika anak tidak mendapat pengobatan tepat, anak akan malnutrisi.apakah anak anda mengalami diare setelah mengkonsumsi susu?atau ada gejala-gejala alergi susu pada anak anda?

Alergi susu sapi adalah reaksi alergi sejati yang dapat dideteksi dengan tes darah dan/atau prosedur sederhana yang disebut uji cukit kulit untuk memastikan apakah anak anda alergi terhadap susu sapi.

Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis anak. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika dperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai diare anak. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar