Sukses

Haid Berwarna Coklat

16 Apr 2017, 15:56 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya mau bertanya, Bulan kemarin saya belum datang haid tapi pas Bulan februari tgl haid saya tanggal 17 , saya belum pernah berhubungan intim, tapi kenapa ya dok sekarang saya belum haid padahal pas 4 hari kebelakang saya ada tanda kecoklatan, terus sekarang tanda kecoklatan hilang dan tidak ada darah haid, jadi apa arti tanda kecoklatan itu dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang haid berwarna coklat melalui fitur Tanya Dokter.

Darah haid yang berwarna kecoklatan dan kehitaman merupakan darah haid yang mengandung sel darah yang lebih lama (bukan sel darah merah segar) karena tertahan di dalam rahim dan tidak segera dikeluarkan. Bila tidak ada keluhan lain (siklus haid memanjang, nyeri perut/ pinggang hebat, dll) maka Anda tidak perlu khawatir. Sebaliknya, bila terdapat keluhan lain yang menyertainya maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis Kandungan.

Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-8 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai siklus haid yang terkadang suka terlambat atau lebih cepat 3-7 hari karena lamanya siklus haid memang dapat berbeda-beda dan hal ini dipengaruhi oleh sistem hormon di dalam tubuh.
Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai haid berwarna coklat, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar