Sukses

Mual Saat Pengobatan Tb

17 Apr 2017, 09:14 WIB
Pria, 50 tahun.

Dok, saya mau nanya. Istri (umur 51 tahun) menderita sakit diabetes dan sekarang terkena tbc paru juga (sesuai hasil tes dahak di RSU). sekarang sudah 3 minggu menjalani perawatan TB dan DM nya. untuk konsumsi obatnya sesuai anjuran dokter: obat DM diminum jam 10 pagi dan obat tb diminum jam 8 malam setelah makan 2 jam sebelumnya. Biasanya setelah 1 jam minum obat tb istri saya mual-mual dan mau muntah. Mohon saran dokter untuk mengatasi mual-mual tersebut. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya mengenai mual saat pengobatan Tb melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Obat-obat tuberkulosis (TB), terutama Rifampicin memang dapat menimblkan keluhan di saluran cerna seperti mual atau minumlah obat pada malam hari sebelum tidur. Untuk mencegahnya, konsumsilah obat TB sesudah makan. Jika keluhan tidak juga membaik sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk dicari tahu penyebabnya. Dokter dapat menambahkan obat-obatan untuk lambung golongan PPI seperti omeprazol atau pantoprazol,jika diperlukan. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai mual saat pengobatan Tb. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar