Sukses

Penyebab Wajah Pucat
14 Apr 2017, 17:23 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok, Saya akhir akhir ini setiap makan badan saya sering tidak enak. padahal porsi makan sudah saya kurangi. tapi tetap terasa kenyang dan lemas dan tidak enak. dan wajah saya sering pucat. telapak tangan juga menjadi putih tidak kemerahan. kalau tidak terkena AC suhu badan jadi hangat, tapi tidak pusing. dan memang seminggu ini saya sering makan masakan padang. terima kasih dok...

Terima kasih telah bertanya tentang wajah pucat menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda sampaikan dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Tentu sulit bagi kami untuk mendiagnosis apa yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan langsung. Diperlukan sesi tanya jawab, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan suatu penyakit. Kami menyarankan agar Anda berkoordinasi terus dan berdiskusi dengan dokter Anda untuk mencari tahu penyebab keluhan lemas dan pucat Anda. Dalam kesempatan ini, izinkan kami untuk menjelaskan tentang salah satu penyakit yang mempunyai gejala pucat dan lemas yaitu anemia atau kekurangan darah yang memiliki gejala pucat.

Kurang darah atau dalam dunia medis disebut dengan anemia merupakan kondisi yang disebabkan karena menurunnya jumlah sel darah merah. Sel darah merah mengandung komposisi hemoglobin yang berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh sel tubuh manusia. Kekurangan sel darah merah ini akan mempengaruhi proses transportasi oksigen dan karbondioksida dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan gejala dan tanda sebagai berikut letih, lesu dan lemas, cepat lelah, jantung berdebar-debar tanpa sebab yang jelas atau pada saat berolah raga, napas yang terengah-engah, terutama pada saat berolah raga, sulit berkonsentrasi, pusing, sakit kepala, pucat, kesemutan atau kedinginan pada tangan dan kaki serta sulit tidur.

Anemia dapat disebabkan oleh banyak hal seperti kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B-12, penyakit kronik, kehamilan dan kehilangan terlalu banyak darah seperti pada saat menstruasi.

Penanganan anemia sendiri bervariasi mulai dari konsumsi suplemen hingga tindakan medis terkait yang akan disesuaikan dengan penyebabnya. Sebagian besar kasus anemia di indonesia terjadi akibat kekurangan zat besi. Terapi zat besi diberikan jika anda mengalami anemia defisiensi besi, namun tak jarang pula pada kasus anemia yang berat memerlukan tindakan transfusi darah. Pada dasarnya penanganan anemia diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya setelah dilakukan pemeriksaan.

Anda dapat mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu). Suplemen dasar yang dapat dikonsumsi, namun asupan nutrisi yang bergizi kaya buah dan sayur akan lebih baik.

Untuk mengetahui penyebab yang mendasari suatu anemia dan perencanaan terapi yang tepat, diperlukan pemeriksaan menyeluruh dimulai dari wawancara medis yang mendetail, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan laboratorium yang diperlukan. Oleh karena itu, untuk dapat mendiagnosis dan terapi yang sesuai kondisi Anda, kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

 

Demikian penjelasan tentang wajah pucat yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar