Sukses

Berbagai Penyebab LED Tinggi

15 Apr 2017, 15:21 WIB
Pria, 27 tahun.

Dokter saya mw tanya kmren anak umur 1,5 th 3 hari panas tak turun diangka39 trs , lalu saya cek darah hasil led tinggi 30, hemoglobin 10,30 nilai eritrosit mcv 66 mch 20 dokter cm blg anak saya kena infeksi n peradangan akut, tp tdk dijelaskan rinci,,, saya baca di internet bnyak pnyakit ganas klo led tinggi saya cemas dokter mohon informasi lebih lengkap dr hasil lab anak saya terima kasih

Ibu/Saudari yang kami hormati,

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab LED tinggi menggunakan fitur tanya dokter dari Klikdokter

Laju endap darah (LED) adalah kecepatan sel darah merah berpresipitasi atau mengendap dalam jangka waktu 1 jam. Nilai LED mencerminkan ukuran cepatnya darah mengendap. Makin banyak sel darah merah yang mengendap maka nilai LED akan semakin meningkat. Peningkatan nilai LED tidak spesifik hanya terjadi pada satu penyakit saja. Terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan peningkatan nilai LED, yaitu:

Penyakit infeksi
Penyakit keganasan/kanker
Terjadi reaksi peradangan di tubuh
Pasien anemia/kurang darah
Orang normal : orangtua, perempuan, wanita hamil
Dll
Nilai LED tinggi dapat terjadi pada orang normal, dan sebaliknya seseorang yang menderita penyakit dapat memiliki nilai LED yang normal. Oleh sebab itu pemeriksaan ini tidak dapat berdiri sendiri dan hanya merupakan pemeriksaan penunjang setelah dilakukan wawancara dan pemeriksaan fisik oleh dokter.

Untuk dapat menormalkan nilai LED yang tinggi, tentu saja penyakit dasar/penyebab harus diobati sehingga nilai LED dapat kembali normal. Sebagai contoh, apabila terjadi infeksi demam tifoid/tifus, akan didapatkan nilai LED yang meningkat. Terapi untuk menurunkan nilai LED pada kasus ini tentu saja dengan mengobati penyakit dasarnya, yaitu demam tifoid. Begitu pula apabila terdapat anemia, maka anemia tersebut harus ditangani untuk menormalkan LED.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar