Sukses

Selang Kateter Tersumbat

15 Apr 2017, 04:17 WIB
Pria, 24 tahun.

Halo saya alex dr tangerang. Sya mau nanya dok , ibu saya sekitar 2 bulan lalu dinyatakan terkena tumor rahim dan tidak bisa buang urin dengan sendiri saat ini . Jadi sekarang menggunakan kateter / urine bag ( dimasukan melalui kelamin ) agar dapat membuangnya . Nah , kateter dan urine bag ini sering kali macet/terhambat/tidak keluar . Biasanya jika seperti ini di puskemas akan dilakukan spooling atau mengganti kateter tsb dgn yang baru jika sudah agak lama kateternya. Yang saya ingin tanyakan adalah adakah cara yang saya dpt lakukan dirumah jika kateter tsb mampet dsb , agar saya tidak perlu bolak balik ke rs atau puskesmas jika belum waktunya kateter diganti alias baru beberapa hari diganti. Terima kasih atas perhatiaanya Sya tunggu balasan dr dokter" sekalian . Best regard Alex :)

Terima kasih telah bertanya tentang selang kateter tersumbat melalui fitur Tanya Dokter.

Selang kateter tersumbat memang merupakan masalah yang umum terjadi pada pengguna kateter. Selang kateter berfungsi untuk mengeluarkan urin dari kandung kemih, melalui selang, dan ditampung di kantong urin. Penggunaan selang ini biasanya digunakan pada orang yang memiliki masalah berkemih. Selang kateter juga digunakan untuk mengukur jumlah urin yang keluar pada pasien tertentu agar keseimbangan cairan tubuhnya terjaga.

Untuk mengatasi selang kateter tersumbat ada beberapa teknik yang dapat dilakukan, misalnya spooling dengan cairan, namun teknik ini memang hanya dapat dilakukan oleh tenaga medis seperti perawat atau dokter untuk memastikan kebersihan dan kesterilan alat serta bahan yang digunakan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai selang kateter tersumbat.

0 Komentar

Belum ada komentar