Sukses

Cara Membangkitkan Gairah Untuk Hubungan Intim

15 Apr 2017, 02:29 WIB
Pria, 30 tahun.

Dokter, saya sudah menikah selama 7 bulan namun selama ini kami belum pernah berhubungan intim. Saat saya menanyakan hal ini kepada suami dia mengatakan secara psikologis masih berduka karena kehilangan ayahnya sebelum kami menikah. Saya berusaha memahaminya dan tetap melayani kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan pakaian, intimacy kami lebih seperti Ibu dan anak, karena dia anak bungsu dan saya anak sulung. Walaupun untuk hal-hal prinsipil dia bisa berdiskusi secara dewasa. GAirahnya seolah menguap, saya sempat berdiskusi dan bertanya bagaimana sebaiknya solusi untuk masalah ini namun dia enggan untuk berkonsultasi. Jujur saya jadi merasa sedih dan juga kehilangan intimacy sebagai suami istri. Saya tetap sabar menunggu dan berusaha support tetapi sampai hari ini tampak belum ada usaha dari suami untuk memperbaikinya. Bagaimana solusi baik secara medis dari segi seksologi maupun psikologi dalam menyelesaikan masalah ini? Terimakasih Dok P di J

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk bertanya tentang cara membangkitkan gairah untuk hubungan intim.

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda. Gairah seksual atau dalam kedokteran disebut dengan libido dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti: fisik, emosional dan psikiologis. Secara umum penurunan libido disebabkan oleh:
1. Kelelahan: Jumlah jam tidur kurang dari enam jam berkaitan dengan mendorong penurunan dorongan seks. Menurut para ahli, kurang tidur kronis bahkan kurang tidur selama semalam akan menurunkan kadar testosteron yang mempengaruhi dorongan seks pada pria dan wanita.
2. Berat badan tidak ideal, kegemukan dapat mempengaruhi hormon yang pada akhirnya berpengaruh pada gairah seks selain itu juga orang gemuk dapat merasa kurang percaya diri dalam melakukan hubungan seks
3. Gaya hidup tidak sehat. Terlepas dari efek terhadap kesehatan, perokok dan pecandu alkohol cenderung memiliki dorongan seks yang lebih rendah. Sedangkan mereka yang aktif secara mental dan fisik lebih cenderung memiliki gairah seks yang normal.
4. Stres, banyak pikiran.

Rasa kehilangan yang dialami suami Anda dapat menyebabkannya. Namun normalnya, seseorang akan dapat beradaptasi dalam menghadapi kehilangan orang yang dicintai selambat-lambatnya 6 bulan. Bila setelah 6 bulan, ia masih mengalami stres, hal ini merupakan gangguan psikologis. Anda perlu mempertimbangkan mengajak suami diskusi dengan psikolog.

Apakah Anda dan suami sudah memiliki pola makan dan pola hidup yang sehat? Bagaimana dengan pola aktivitas Anda berdua? Adakah stres lain yang sedang Anda dan ia alami? Perbaikilah hal di atas sebagai cara untuk membangkitkan gairah seks Anda dan pasangan.

Selain itu, cobalah untuk mengambil masa liburan atau suasana atau tempat baru di mana Anda dan pasangan dapat menikmati waktu berdua saja yang berkualitas. Bicarakan juga dengan pasangan dari hati ke hati apa yang Anda harapkan, sehingga Anda berdua dapat mencari jalan keluar yang terbaik.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara membangkitkan gairah untuk hubungan intim. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar