Sukses

Tidak Haid Selama Satu Tahun

14 Apr 2017, 23:58 WIB
Wanita, 19 tahun.

slmat pagi dok, saya fitria, saya dulu telat haid selama satu tahun, nah saya perikaa ke dr obgyn di usg trnyata karna si telur tidak mentas krna saya naik brat badan drastis dri awal 55 smpai ke 61 lalu saya di anjurkan untk mnrunkan bb stlah di beri obat saya haid dan saya mnrunkan bb dri 61 ke 57 dlam sebulan tpi blan ini saya blum haid dok, itu kenapa ya? atah saya harus periksa lagi, trimaksh dok

Halo! Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk bertanya tentang tidak haid.

Tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus atau lebih disebut sebagai amenorea sekunder.

Faktor-faktor risiko terjadinya amenore sekunder antara lain:

1. Aktivitas fisik yang terlalu berat (ekstrem)

2. Terlalu kurus (lemak tubuh kurang dari 15 – 17%). Keadaan ini mempengaruhi proses pembentukan hormon. Jika seorang perempuan mengalami kelainan makan, seperti anoreksia atau bulimia, perubahan hormonal yang disebabkan dapat berujung pada berhentinya menstruasi.

3. Obesitas. Adanya jaringan lemak yang berlebih pada seorang yang mengalami obesitas juga mempengaruhi proses ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur).

4. Stress psikis. Stress dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus sehingga menstruasi berhenti. Karena itu jika stress berkurang, menstruasi muncul kembali.

5. Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik, obat kemoterapi, dan kortikosteroid oral.

Anda sudah mendapat pengobatan tapi haid tetap belum datang juga. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kandungan dan kebidanan lagi.

Demikian informasi kami sampaikan tentang tidak haid, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar