Sukses

Batuk Lama Tidak Kunjung Sembuh

14 Apr 2017, 17:21 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok, saya ingin bertanya , saya batuk sudah 1 bulan lebih , setiap batuk berdahak sampai terasa mual, perut sakit, dada nyeri , kepala pusing, sejak batuk nafsu makan saya juga berkurang, saya sudah pernah minum obat vick 44 dengan OBH Combi namun setiap kali minum obat tersebut kepala saya pusing , jantung saya deg2kan cepat, jadi saya hentikan dan sekarang saya juga masih batuk... kira2 ini gejala apa yaa dokter dan bagaimana cara mengatasinya ... terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter dan bertanya mengenai batuk terus-menerus. 

Ijinkan saya mengonfirmasi data untuk menambah ketajaman analisis kami tentang apa yang terjadi pada anda :

Apakah batuk terus menerus atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, penurunan berat badan, keringat malam, batuk darah, nyeri dada? Apakah ada riwayat TBC paru, asma/alergi/ maag, merokok? Apakah keluarga Anda ada yang menderita TBC paru atau asma? Sudahkah melakukan pemeriksaan dahak?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
Asma
Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus
Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung.
Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor)
Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)
Jika belum melakukan pemeriksaan dahak, coba lakukan pemeriksaan sputum BTA. Kami menganjurkan agar sebaiknya ANda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis paru.

Demikian jawaban yang kami dapat berikan mengenai batuk terus-menerus, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar