Sukses

Pengobatan pada Luka Bekas Jahitan yang Terkena Sikat Gigi

13 Apr 2017, 17:21 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat pagi dok, saya operasi odontektomi tgl 1 april dan pada tgl 7 april saya telah melepas jahitan ke dokter, hasil jahitannya bgs. Kemudian pd tgl 11 april sepertiny sya tnp sengaja menggosok gigi sehingga mengenai bekas jahitan, akibatnya ad pendarah sedikit, lalu sya mengkompres pipi sya dg air dingin dan berhenti. Yg sya mw tnya, apakah sya perlu kembali kedokter lagi agar diberi obat antibiotik atau peradangan ?

Terimakasih telah bertanya tentang pengobatan pada luka bekas jahitan yang terkena sikat gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan bahwa setelah lepas jahitan seminggu, keadaan jaringannya sudah bagus. Dugaan kami bila terjadi perdarahan sedikit merupakan hal yang masih wajar karena jaringan gusi belum sepenuhnya mengalami perbaikan. Tindakan yang anda lakukan dengan kompres dengan air dingin sudah benar untuk menghentikan perdarahan. Selanjutnya untuk menjaganya agar tidak terulang kembali, sebaiknya untuk sementara mengunyah makanan di sisi satunya dan jika menyikat gigi di dekat bagian tersebut sebaiknya lakukan di depan cermin agar gigi tetap bisa tersikat dengan bersih dan luka bekas jahitan tidak tersenggol sikat gigi. Anda belum perlu ke dokter gigi atau pengobatan apapun kecuali jika luka bekas jahitan mengalami pembengkakan dan terasa sakit.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai pengobatan pada luka bekas jahitan yang terkena sikat gigi, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar