Sukses

Vitamin A, D dan K untuk Mencerahkan Kulit

14 Apr 2017, 10:38 WIB
Pria, 27 tahun.

Mau tanya dok, buah atau makanan apa saja yang mengandung vitamin A, D dan K? Atau apakah ada makanan yang sekaligus mengandung semua vitamin tersebut? Apakah benar vitamin tersebut jika dikonsumsi dapat membantu dalam pencerahan kulit? Terima kasih dok.

Terima kasih telah bertanya tentang vitamin A, D an K untuk mencerahkan kulit melalui fitur Tanya Dokter

Pada dasarnya, vitamin merupakan zat yang mengambil peran penting untuk tubuh manusia. Bagi manusia, kebutuhan vitamin dan adalah menjadi jaminan kesehatan kondisi tubuh dalam keadaan sehat, termasuk kesehatan kulit.

Vitamin A

Merupakan vitamin antioksidan yang larut dalam minyak dan penting bagi penglihatan dan pertumbuhan tulang serta kulit.

Sumber vitamin A diantaranya sayuran berwarna hijau dan kuning, hati, buah-buahan warna merah dan kuning (cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dan lain-lain), serta susu dan ikan.

Vitamin D

Dibutuhkan terutama pada anak yang sedang mengalami proses pertumbuhan. Membantu penyerapan kalsium dan phosphorus kepada tulang. Serta mencegah otot menjadi mudah lemah.

Sumber vitamin D:
Minyak ikan, telur, susu, keju, dan lain-lain

Vitamin K

Vitamin K berfungsi dalam proses pembentukan dan perbaikan tulang. Dapat mencegah osteoporosis. Vitamin K mengambil peran penting dalam saluran pencernaan serta membantu dalam proses substitusi glukosa menjadi glikogen untuk disimpan dalam hati.

Sumber vitamin K:
susu, kuning telur, sayuran segar, dan lain sebagainya

Keseluruhan vitamin ini tidak hanya turut membantu menjaga kesehatan tubuh dan tulang melainkan juga kulit wajah. Selain dari makanan, kulit kusam dan bernoda kemungkinan disebabkan karena perawatan wajah yang kurang tepat, di luar faktor eksternal yang memang dapat mempengaruhi (polusi, stress, kosmetik, dll). Berikut tips yang dapat Anda lakukan :

  • Dalam perawatan wajah yang terpenting adalah proses pembersihan. Sebaiknya lakukan pembersihan wajah dengan sabun yang sesuai dengan kulit Anda 3x/hari.
  • Kemudian oleskan krim tabir surya pada pagi hari setiap kali bepergian ke luar rumah.
  • Oleskan krim malam yang memiliki kandungan yang baik dalam meregenerasi kulit.
  • Anda dapat melakukan peeling yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan dokter kulit dan kelamin.
  • Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, perbanyak minum air putih, makan buah-buah dan sayur-sayuran atau mengonsumsi vitamin antioksidan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait vitamin A, D an K untuk mencerahkan kulit. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar