Sukses

Lendir Di Saluran Nafas Bayi

14 Apr 2017, 05:19 WIB
Pria, 37 tahun.

anak saya cewek usia 4 bln waktu lahir bb 2,450 dan tinggi 48 cm trus ada sedikit masalah pada paru-parunya jd waktu lahir tangisnya tdk kuat makanya hrs di nicu, saya cm kasih asi sebulan dikarenakan asi tdk keluar byk sehingga bayi nanggis dan terpaksa bantuan susu formula Laktogen. yang saya mau tanyakan knp setiap habis minum bayi saya selalu kaya orng yang gelagepen kebanyakan minum gitu ya dook...saya takut e alergi saya periksa kedokter kata e bkn alergi hanya lendir yg byk..utk mengatasi lendr biar berkurang gmn ya dokter untuk bayi sy? mksh

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk bertanya tentang lendir di saluran nafas bayi.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan.

Bunyi 'grok" atau gelagepan yang berasal dari saluran nafas bayi dapat menunjukkan adanya cairan atau lendir pada paru-paru bayi. Paru-paru memang juga menghasilkan lendir. Bunyi muncul karena produksi lendir meningkat padahal belum bisa mengeluarkannya sendiri, karena refleks batuknya belum bekerja dengan baik.

Produksi lendir meningkat pada umumnya dialami oleh bayi yang memiliki bakat alergi dimana produksi meningkat karena terpapar oleh alergen. Penyebab lain adalah bayi mengalami infeksi virus influenza. Namun, sebetulnya jika napas yang berbunyi tersebut tidak disertai tanda infeksi seperti demam, tidak mengganggu aktivitas bayi sehari-hari, dan tidak menganggu proses menyusui, keadaan ini tidak perlu dikhawatirkan.

Anda dapat mencoba memiringkan posisi tubuh anak ke kanan untuk mengurangi bunyi yang ada. Memang terdapat kemungkinan keluhan tersebut merupakan reaksi dari alergi susu formula yang mengandung protein sapi.

Jika keluhan berlanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Kemungkinan yang lain dari adanya keluhan ini adalah adanya kelemahan pada trakea yang merupakan saluran pernafasan. Namun, seiring dengan pertambahan usia bayi Anda maka trakea akan menguat dan keluhan akan menghilang.

Demikian, semoga informasi tentang lendir di saluran nafas bayi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar