Sukses

Gejala Anemia
09 Apr 2017, 14:46 WIB
Wanita, 17 tahun.

Nama saya shila. Saat saya sekolah. Wajah saya pucat dan bibir saya pucat dan juga pecah pecah dan badan saya lemas di bagian perut sedikit keram di atas kanan dan suka sekali letih dan mengantuk. Dan kadang kadang kepala sering berdenyut Itu kenapa yah?

Terima kasih telah bertanya tentang wajah pucat, lemah, kram perut, letih dan mengantuk menggunakan fitur Tanya Dokter

Keluhan wajah pucat, lemah, letih, dan mengantuk seringkali disebkan anemia (kekurangan sel darah merah).

Anemia adalah suatu keadaan dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh berada dibawah nilai normal. Anemia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yakni:

Anemia karena penurunan jumlah produksi sel darah merah, contohnya adalah pada kasus kekurangan nutrisi seperti zat besi atau vitamin B12.
Anemia karena peningkatan destruksi sel darah merah, contohnya adalah pada penyakit gangguan kekebalan tubuh atau penyakit talasemia (penyakit kelainan darah turunan).
Anemia karena kehilangan darah dalam jumlah yang besar, contohnya pada kecelakaan, trauma, menstruasi hebat atau perdarahan lainnya.
Anemia dapat tidak bergejala, namun bila cukup berat dapat menyebabkan keluhan lemah, letih, lesu, pusing, sukar konsentrasi, kelelahan, mata berkunang-kunang, mual, sesak napas. Untuk memastikan apakaah Anda mengalami anemia atau tidak, Anda harus diperiksa dokter dan melakukan pemeriksaan darah.

Kami sarankan agar Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, dengan cara :

asupan nutrisi cukup, kaya akan zat besi dan folat sebagai sumber utama pembentukan sel darah merah
istirahat atau tidur teratur, minimal 7-8 jam sehari
berolahraga 3-4x/hari, selama minimal 30 menit setiap sesinya
Untuk memastikan penyebabnya, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan, seperti pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin Anda.

Demikian informasi seputar wajah pucat, lemah, letih, kram perut dan mengantuk. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar