Sukses

Hubungan antara Morbili dan Epistaksis

07 Apr 2017, 22:50 WIB
Pria, 25 tahun.

SELAMAT SIANG DOK,SAYA MAU TANYA APAKAH MORBILI BISA MENYEBABKAN EPISTAKSIS,KORELASI KEJADIAN NYA SEPERTI APA,DAN PROGNOSIS MYA SEPERTI APA,TERIMA KASIH DOK

Terima kasih telah bertanya tentang hubungan antara morbili dan epistaksis menggunakan fitur Tanya Dokter.

Mimisan atau epistaksis adalah perdarahan hidung bagian dalam karena pecahnya pembuluh darah. Epistaksis terbagi 2 yaitu Epistaksis Anterior berasal dari bagian depan hidung dengan asal perdarahan dari pleksus Kiesselbach (kumpulan pembuluh darah). Sedangkan Epistaksis Posterior umumnya berasal dari rongga hidung posterior dengan asal perdarahan dari cabang pembuluh darah arteri sfenopalatina.

Mimisan yang terjadi pada anak sering terjadi akibat pecahnya pleksus Kiesselbach yang terdapat pada rongga hidung sebelah depan. Pada anak-anak pembuluh darah ini masih tipis dan rentan pecah. Mimisan akibat pecahnya pleksus Kiesselbach ini biasanya akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu 5 menit pada anak tanpa penyakit kelainan darah. Pada anak dengan masalah pada faktor pembekuan darah tentu waktunya akan lebih lama.

Mimisan umumnya juga disebabkan oleh:

1. Trauma / cedera / terjatu
2. Mengorek-ngorek hidung
3. Bersin terlalu kencang
4. Menghirup udara yang kering seperti pada ruangan ber-AC
5. Akibat cuaca panas
6. Hipertensi, tumor atau benda asing, dan masih banyak lagi

Untuk hubungan antara morbili dan campak, secara langsung kemungkinan besar tidak ada. Tapi untuk memastikan bisa dilakukan pemeriksaan langsung ke Dokter penyakit dalam atau Dokter spesialis THT.

Demikian penjelasan tentang hubungan antara morbili dan epistaksis yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar